Bayar Pajak di Indomaret

Bayar Pajak di IndomaretSetiap pemilik kendaraan bermotor wajib membayar pajak setiap tahunnya. Meski kewajiban setahun sekali, tapi beberapa orang mengeluh tak punya waktu luang untuk melakukannya. padahal, Anda bisa bayar pajak di Indomaret terdekat. Bagaimana caranya? Simak tutorialnya berikut ini.

Bayar Pajak di Indomaret
Bayar Pajak di Indomaret

Cara Bayar Pajak di Indomaret atau Alfamart

Bayar pajak kendaraan kini jadi lebih mudah, karena tak perlu datang langsung ke kantor Samsat. Apakah bayar pajak bisa di Indomaret? Atau, apakah bisa bayar pajak kendaraan di Alfamart? Ya, Anda bisa membayar pajak kendaraan ke salah satu minimarket tersebut dengan cara berikut ini.

Artikel Serupa  Harga Vegeblend 21 Junior Di Indomaret

1. Datang ke Gerai Indomaret/ Alfamart Terdekat

Kunjungi gerai Indomaret/ Alfamart terdekat dengan membawa beberapa dokumen kelengkapan, yaitu STNK dan KTP asli. Ingat, harus membawa kedua tersebut ya! Jika Anda bertanya, bayar pajak STNK tanpa KTP pemilik apakah bisa? Maka jawabannya tidak bisa.

Pastikan juga Anda datang ke Indomaret/ Alfamart saat toko buka dan layanan pembayaran pajak dalam kondisi online. Sehingga kasir bisa melayani kebutuhan Anda.

2. Serahkan STNK dan KTP ke Kasir

Tak perlu belanja terlebih dahulu, langsung saja ke kasir yang bertugas dan sampaikan jika Anda ingin membayar pajak kendaraan. Serahkan STNK dan KTP Anda kepada kasir. Lalu kasir akan menanyakan nomor HP dan email aktif Anda. Jawab saja sesuai data Anda.

Artikel Serupa  Tepung Tang Mien di Indomaret

3. Bayar Jumlah Tagihan Pajak

Kasir akan segera mengecek jumlah tagihan pajak kendaraan Anda dan memberitahu nominal yang harus Anda bayar. Segera bayar jumlah tagihan tersebut secara cash atau menggunakan pembayaran digital melalui e-wallet.

Setelah itu, kasir akan memberikan struk sebagai bukti pembayaran pajak. Simpan struk tersebut dan Anda bisa langsung pulang.

4. Cek SMS dari POLRI  

Jika pembayaran Anda sudah terkonfirmasi oleh sistem, maka POLRI akan mengirim SMS ke nomor HP yang Anda sebutkan ke kasir tadi. Dalam SMS tersebut berisi data electronic registration & identification beserta link Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP)

5. Download dan Cetak TBPKP

Klik link TBPKP yang Anda terima via SMS, lalu download dan cetak tanda bukti tersebut. Hasil cetak tersebut memiliki fungsi yang sama sebagai STNK, meskipun tampilannya agak berbeda dengan STNK dari Samsat. Jadi, ketika ada yang tanya STNK, Anda bisa menunjukkan TBPKP tersebut.

Artikel Serupa  Harga Amotee Nasa 1 Box

Akan tetapi, jika Anda ingin hasil cetak STNK yang sama persis dengan Samsat, maka Anda bisa datangi kantor Samsat terdekat. Serahkan bukti pembayaran (TBPKP) kepada petugas dan nantinya Anda akan mendapatkan hasil cetak STNK sebagaimana biasanya.

Bagi Anda yang bertanya-tanya, bisakah Bayar pajak Online? Tentu saja bisa. Selain memanfaatkan situs e-samsat secara mandiri, Anda juga bisa bayar pajak di Indomaret atau Alfamart terdekat. Caranya pun mudah, cukup ikuti langkah-langkahnya sesuai tutorial di atas.