Penjelasan Lengkap Harga Kain Berdasarkan Jenisnya

Dalam dunia konveksi, ada banyak daftar jenis kain yang dapat digunakan untuk membuat aneka macam pakaian. Kain merupakan bahan utama yang diperlukan ketika Anda ingin membuat suatu busana dengan desain yang diinginkan secara pribadi.

Tentunya, setiap jenis kain memiliki kelebihannya masing-masing dan dapat digunakan sesuai kondisi cuaca ataupun kebutuhan acara. Tidak ada salahnya mengetahui berbagai jenis kain, mengingat hal ini akan memudahkan Anda dalam membeli kain yang cocok sesuai kebutuhan.

Memilih dan memilah kain sangat penting untuk diperhatikan agar dapat memperoleh kenyamanan tersendiri ketika memakainya. Dengan begitu, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan kain yang berkualitas dengan harga yang pas. 

 

Table of Contents

Kain Sutra

Daftar jenis kain yang pertama adalah kain sutra. Kain yang proses pembuatannya ditenun ini memiliki serat protein alami dan digunakan untuk berbagai kebutuhan tekstil. Adapun bahan kain sutra yang umumnya dipakai adalah berasal dari kepompong ulat sutra murbei yang diternakkan.

 

Kain sutra memiliki efek berkilau secara natural dan lazimnya dibandrol dengan harga yang mahal. Umumnya, harga kain sutra yaitu mulai dari Rp. 125.000 hingga Rp. 300.000 per meternya. Fungsi kain sutra secara umum digunakan sebagai bahan pakaian.

 

Namun, siapa sangka jika kain yang cantik ini memiliki fungsi lain, yaitu dapat menjaga kondisi kulit agar tetap normal. Maka tidak heran jika kain sutra juga dipakai untuk bahan produk kecantikan. Agar kulit wajah tetap dalam kondisi segar dan baik, kain sutra dapat digunakan sebagai bahan membuat sarung bantal.

 

Adapun untuk menjaga kondisi rambut agar tetap baik, Anda bisa menggunakan kain sutra sebagai bahan jilbab. Umumnya, kain ini digunakan sebagai bahan membuat gaun atau pakaian yang akan dikenakan untuk acara-acara tertentu.

 

Kain sutra juga mampu menimbulkan kesan yang mewah dan berkelas  ketika dipakai.  Maka tidak heran jika kain yang satu ini disebut-sebut sebagai salah satu kain yang memiliki mutu terbaik. Agar bisa memperoleh kain sutra yang berkualitas, Anda bisa membelinya di toko online ataupun toko konvensional.

 

Namun, agar tidak sampai salah pilih dan memperoleh barang yang kurang memuaskan, sebaiknya belilah kain sutra di toko konvensional. Dengan begitu, Anda bisa memilih secara langsung kain sutra yang Anda inginkan.

 

Kain Tenun

Kain tenun merupakan salah satu jenis kain yang dibuat dengan cara menjalin benang secara vertikal dan horizontal memakai teknik anyam. kain yang satu ini sudah lama diproduksi oleh masyarakat Indonesia, utamanya oleh suku-suku tertentu.

  • Apa Itu Bahan Kain Tenun?

 

Bahan kain tenun adalah bahan yang dipakai untuk membuat kain tersebut menjadi produk jadi. Umumnya, bahan kain tenun terdiri dari benang, kapas, akar serai wangi, sutra dan lilin sarang lebah.

 

Selain bahan-bahan tersebut, pewarna yang dipakai untuk membuat kain tenun juga berasal dari bahan alami, sehingga mampu memberikan corak warna yang natural, unik dan indah.

 

Biasanya pewarna alami digunakan oleh pengrajin kain tenun tradisional, sedangkan pengrajin yang memakai alat tenun mesin umumnya sudah memakai pewarna sintetis.

 

Kain yang satu ini berasal dari Minangkabau-Sumatera Barat yang terkenal sebagai salah satu produk kebanggaan asli Indonesia.

 

Meskipun berasal dari Minangkabau, nyatanya hampir di setiap daerah di Indonesia memproduksi kain tenun dengan keunikan dan karakteristiknya masing-masing. Hal ini menyebabkan lahirnya ragam corak dan motif kain tenun menjadi lebih bervariasi.

  • Apa Contoh dari Kain Tenun?

 

Contoh dari kain tenun sangatlah banyak, beberapa di antaranya seperti Tenun Ulos yang berasal dari Batak, Tenun Siak yang berasal dari Riau, Tenun Baduy yang berasal dari Banten, Tenun Lurik dari Solo, Tenun Ikat Troso dari Jepara dan lain-lain.

  • Apa Saja Motif Tenun di Indonesia?

 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa motif kain tenun sangat beragam dan sesuai karakteristik daerah masing-masing produsennya. Misalnya, seperti motif kluwung, tuluh watu, tumbar pecah, sapit urang, lipaq sabe, bentenan dan masih banyak lagi.

  • Apa Nama Kain dari Toraja?

 

Pada dasarnya, Toraja merupakan salah satu daerah penghasil kerajinan terbaik di Indonesia. Salah satu produk andalan dari suku atau wilayah tersebut adalah kain tenun Toraja yang menjadi simbol khas bagi hubungan manusia dengan alam.

 

Bukan hanya kain tenun Toraja, setiap kain tentu memiliki berbagai fungsi yang dapat digunakan sesuai kebutuhan, misalnya untuk acara adat, suka cita ataupun berduka cita.

 

Umumnya, warna kain tenun ini cenderung netral seperti coklat dan hitam, namun di masa kini, banyak pula kain tenun yang berwarna cerah. 

 

Kain Batik

Daftar jenis kain yang akan dibahas berikutnya adalah kain batik. Batik merupakan warisan budaya yang diakui UNESCO sebagai produk asli Indonesia. Kain yang satu ini tentu sudah tidak asing di kalangan masyarakat Indonesia karena sering dipakai untuk berbagai aktivitas, baik formal maupun informal.

  • Bahan Kain Batik

 

Bahan kain batik berpengaruh pada tekstur yang dirasakan ketika disentuh dan dipakai. Tentunya, perbedaan tekstur tersebut juga dapat menjadi acuan dalam menentukan kualitas serta harga kain. 

 

Dengan mengetahui bahan dari kain batik, Anda juga dapat menilai apakah kain tersebut sudah sesuai atau belum dengan tujuan pemakaiannya. Beberapa bahan yang biasanya digunakan untuk batik di antaranya yaitu kain mori, kain katun, kain dobi, kain serat nanas, dan kain paris.

 

Setiap bahan tentu memiliki karakteristiknya masing-masing dan dapat digunakan sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.

  • Fungsi Kain Batik¬†

 

Perlu diketahui bahwa fungsi kain batik yakni ada dua, yakni fungsi praktis dan fungsi estetis. Fungsi praktis yang dimaksud di sini adalah bahwa kain batik dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

 

Contohnya, batik dapat digunakan untuk pakaian dan umumnya diaplikasikan pada baju, daster, jarik, sarung, selendang, hingga kerudung. Adapun fungsi estetis yang dimaksud pada pembahasan ini adalah kain batik memiliki nilai keindahan sebagai hiasan, ikon ataupun simbol sosial.

 

Fungsi estetik batik sebagai hiasan dapat diperoleh karena kain ini memiliki corak, warna dan pola yang indah, sehingga mengandung nilai seni yang tinggi. Jika dilihat dari simbol sosial, jenis kain batik tulis cenderung lebih disukai karena memiliki keindahan tersendiri walaupun harganya relatif lebih mahal.

 

Selain itu, proses pembuatan kain batik tulis juga memakan waktu yang lebih lama karena dilakukan secara manual. Setiap motif yang dilukis menggunakan canting memiliki nilai filosofi tersendiri, apalagi kain batik dengan motif tradisional yang klasik.

 

Bahkan jika dilihat dari segi budaya, beberapa motif batik juga dianggap memiliki sakralitas tertentu dan hanya dapat digunakan di acara-acara tertentu.

  • Harga Kain Batik

 

Sedangkan untuk harga kain batik juga bervariasi, tergantung dengan jenis dan kualitas dari bahan yang digunakan. Kain batik printing biasanya dibandrol dengan harga mulai Rp. 30.000 per meternya. 

 

Adapun kain batik tulis umumnya dibandrol dengan harga mulai Rp. 60.000 sampai ratusan ribu per meternya, tergantung dengan motif dan tingkat kesulitan pembuatannya.

Kain Katun

Kain merupakan salah satu bahan utama dalam pembuatan pakaian. Ada beragam jenis kain yang tersebar di seluruh dunia mulai dari bahan kasar hingga lembut, licin, tebal dan hingga yang tipis. Salah satu jenis kain yang paling populer yang digunakan pada pembuatan pakaian adalah kain katun.

 

Lalu, kain katun itu seperti apa ya?  Kain katun adalah sejenis kain yang berasal dari serat tanaman kapas yang halus. Umumnya, kain jenis ini dipakai untuk beberapa pakaian sehari-hari. Kain katun juga terbagi menjadi dua jenis yakni katun linen yang berasal dari serat rami, dan katun murni dari tanaman kapas.

 

Hal yang menarik adalah, bahan katun ini menjadi salah satu bahan konveksi dengan posisi tertinggi alias yang paling banyak dibuat dibandingkan jenis kain atau bahan lainnya. Karena itulah, kain katun sangat laku dan paling diminati di pasaran dunia konveksi.

 

Mendengar hal ini tentu membuat sebagian orang bertanya-tanya, apakah kain katun itu bagus? Kain katun adalah jenis kain yang paling banyak diminati setiap konvektor.

 

Pembuatannya yang berbahan dasar serat kapas membuat kain satu ini dinilai sangat bagus dan cocok untuk diolah kembali menjadi pakaian jadi. Beberapa ciri yang menguatkan bahwa kain katun cocok digunakan di berbagai keperluan diantaranya adalah:

 

  1. Tekstur kain sangat lembut, halus dan nyaman untuk dikenakan aktivitas sehari-hari.
  2. Daya tahan kain sangat kuat dan awet hingga waktu yang lama.
  3. Tidak menyebabkan elergi atau iritasi kulit karena bahannya yang tidak kasar.
  4. Jenis katun sangat bervariasi dan ada juga yang mengkilap.
  5. Kain tak mudah kusut apalagi luntur.

 

Meski kain ini telah menjadi primadona, namun rupanya masih banyak yang bertanya-tanya, apakah kain katun itu adem jika dikenakan? Kain katun sangat nyaman serta adem ketika dikenakan. Maka tak heran, walaupun cuaca diluar sangat terik dan panas tetapi kain katun tetap memberikan kenyamanan kepada pemakainya. 

 

Kain katun juga memiliki tekstur yang tidak kaku, tidak mudah kusut, mudah diatur, sedikit licin, ringan dan bahkan dapat menyerap keringat dengan baik sehingga tetap kering dan terjaga kepercayaan diri Anda. 

 

Kain katun per meter berapa? Mungkin beberapa orang bertanya tentang kisaran harga kain satu ini, kain katun memiliki harga mulai Rp. 25.000 hingga Rp. 50.000 per meternya tergantung dengan jenis kain yang Anda beli.

 

Semakin bagus kain maka semakin tinggi harganya, karena semakin banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh ketika mengenakannya.

 

Maka dari itu, untuk mengetahui jenis kain, warna dan juga coraknya, Anda bisa langsung melihat dan mensurvei beberapa tempat yang menjual perlengkapan bahan konveksi dan tekstil.

 

Kain Ulos

 

Ada satu jenis kain yang memiliki nilai budaya dan tradisional yang kental, bahkan sangat populer di beberapa pelancong baik dalam maupun luar negeri, kain itu adalah kain Ulos.  Apa yang dimaksud ulos sebenarnya? Mengapa begitu populer kedengarannya?

 

Kain ulos merupakan sejenis kain konveksi yang menjadi salah satu pakaian khas Indonesia. Kain ini berasal dari suku Batak di Sumatera Utara. Bahkan cara membuat kain satu ini sangat unik yakni ditenun dengan cara tradisional bukan dengan mesin atau sejenisnya.

 

Sehingga dengan caranya yang demikian membuat kain ini terkesan unik dan antik, serta diminati banyak orang terutama bagi para pelancong yang datang ke Medan, Sumatera Utara. Lalu, berapa harga kain ulos asli?

 

Harga kain ulos asli memang sangat bervariasi tergantung dengan motif dan jenisnya. Harga kain ulos asli dibandrol sekitar Rp. 30.000 sampai dengan Rp. 50.000-an. Jika demikian, berapa harga kain ulos batak? Harga kain ulos Batak dimulai Rp. 50.000 hingga mencapai jutaan rupiah.

 

Salah satu jenis kain ulos songket Batak yang mahal dan paling banyak dicari adalah jenis kain songket Batak tenun dengan semi sutra, harganya bisa mencapai sekitar Rp. 2,5 jutaan bahkan bisa lebih. Selanjutnya, apa itu kain tenun ulos?

 

Kain tenun ulos adalah salah satu kain khas suku Batak yang dibuat dengan cara ditenun menggunakan alat tradisional. Bahkan jenis kain ini memiliki warna merah, hitam dan putih dengan tambahan benang perak dan emas di sekeliling kainnya.

 

Biasanya, kain ini digunakan untuk beberapa upacara adat dan acara resmi suku Batak seperti contohnya kelahiran dan kehamilan. Dahulu, kain ulos ini digunakan hanya untuk selendang dan juga sarung, namun seiring perkembangan zaman mulai berubah fungsinya.

 

Di zaman sekarang,jenis kain ulos ini digunakan sebagai buah tangan oleh pelancong, bahan pembuatan tas, gorden rumah, dompet hingga pakaian juga dasi. Kain ulos juga menjadi salah satu kain warisan budaya karena sejak dulu sudah digunakan para petinggi dan nenek moyang suku Batak.

Kain Rayon

Kain rayon merupakan salah satu jenis bahan konveksi yang memiliki bahan dasar polimer organik, dikenal juga sebagai sutra buatan karena bahannya yang terbuat dari serat alami sehingga lembut dan nyaman digunakan.

 

Beberapa orang juga mengatakan bahwa kain ini hampir sama dengan kain katun. Lalu, untuk dijadikan baju, bahan rayon bagus apa tidak? Kain rayon adalah salah satu jenis kain yang bagus karena bahannya lembut hampir sama dengan bahan katun.

 

Selain itu, kain rayon juga memiliki serap yang tinggi sehingga ketika Anda berkeringat Anda tak perlu khawatir basah. Kain lembut ini juga memiliki banyak corak juga warna dan harganya juga sangat terjangkau ketimbang kain jenis lainnya. 

 

Kemudian, apakah bahan rayon adem? Tentu saja, kainnya yang lembut dan juga nyaman dikenakan takkan membuat tubuh Anda kepanasan. Karena bahannya yang berdaya serap tinggi membuat Anda tetap merasa nyaman dalam menjalankan berbagai aktivitas sepanjang hari. 

Setelah Anda mengetahui bahan dan jenis kain rayon, selanjutnya bagaimana tekstur kain rayon? Kain rayon memiliki tekstur yang licin dan lembut hampir sama dengan kain berbahan katun, tetapi sayangnya bahan rayon memiliki bahan yang lebih tipis dan juga mudah luntur dan kusut.

 

Lalu, bahan katun rayon apakah panas ketika dikenakan? Tidak, bahannya yang cenderung lebih tipis dan mengandung unsur kimia baik seperti oksigen, hydrogen dan karbon membuat kain jenis ini tetap adem ketika dikenakan apa pun musimnya. 

 

Sebenarnya untuk bahan rayon ini adalah salah satu jenis kain konveksi yang unik, karena ketika musim sedang dingin maka pakaian yang berbahan rayon akan hangat. Begitu pun sebaliknya, ketika musim panas maka pakaian yang dikenakan pun akan tetap adem dan nyaman dikenakan. 

Kain Songket 

Kain songket secara umum memiliki arti kain yang ditenun dengan benang emas ataupun benang perak. Dari mana asal kain songket? Seni kain ini biasanya berasal dari daerah-daerah tertentu seperti Riau, Palembang, Samarinda, Minangkabau, dan daerah lainnya.

  • Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Teknik Songket dalam Seni Tekstil?

 

Kata songket diambil dari kata sungkit, secara kata kerja artinya adalah menjungkit benang. Selain itu, kata sungkit juga memiliki arti secara khusus yaitu jarum yang dibuat dari tulang dan digunakan untuk menyulam.

 

Jadi jika diartikan menurut makna aslinya, kain songket adalah kain yang disulam. Teknik songket atau bersungkit artinya adalah menyulam atau menusukkan jarum, menembus kain, dan memasukkan benang. 

 

Teknik menyulam kain songket adalah dengan menjalin benang dan membentuk susunan pola-pola yang indah. Setiap pembuat kain songket memiliki teknik andalan masing-masing sehingga pola atau motif yang dihasilkan dalam kain songket pun sangat beragam dan cantik-cantik.

 

Dekorasi kain dasar dalam pembuatan kain songket biasanya memakai jenis benang yang berkilau seperti benang emas atau perak. Benang tersebut disulam pada kain dasar songket sesuai dengan pola tertentu.

  • Kain Songket Palembang

 

Penggunaan benang emas pada kain songket mulai diperkenalkan pada zaman Kerajaan Sriwijaya yang mana pada saat itu dikenal sebagai kerajaan yang sangat kaya serta memiliki emas yang melimpah. Hal tersebut tercermin dari penggunaan benang emas dalam kain songket.

 

Dahulu, masyarakat Palembang pernah membuat kain songket dengan benang dari emas murni 14 karat. Kain dengan tenunan benang emas murni ini merupakan jenis kain songket asli atau bisa juga disebut sebagai songket cabutan atau songket jantung.

 

Kain songket Palembang merupakan hasil karya dari Palembang yang mana pada tahun 2003 lalu sudah ditetapkan sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda Indonesia. Jadi, Apa kegunaan dari kain songket Palembang?

 

Kegunaan ataupun fungsi kain songket Palembang tidak sesederhana sebagai kain pelindung saja. Dibalik keindahan kainnya, terselip makna kemakmuran, keberanian, dan kejayaan.

  • Kain Songket Riau

 

Tak jauh dari Palembang, ada juga jenis kain songket atau tenun siak yang berasal dari Riau. Apa yang dimaksud dengan kain songket Riau? Kain yang ditenun dengan benang sutra atau katun dengan motif flora, fauna, hingga benda-benda angkasa.

Kain Flanel

Apa yang dimaksud dengan kain flanel? Menurut Wikipedia (2021), Kain flanel adalah kain yang ditenun dengan berbagai tingkat kelembutan yang berbeda-beda. Kain flanel biasanya kerap dibuat dengan benang wol, katun, sampai dengan serat sintetis.

 

Sementara menurut pengertian lain, kain flanel juga biasa disebut sebagai kain yang berbahan serat wol yang melalui proses pemanasan serta penguapan sehingga menghasilkan kain dengan tekstur, ketebalan, dan jenis yang berbeda tergantung jenis bahan yang digunakannya.

 

Kualitas kain flanel juga beragam tergantung tingkat ketebalan, jenis bahan, dan faktor-faktor lainnya.

  • Ciri Kain Flanel

 

Seperti apa bentuk kain flanel? Kain flanel umumnya dapat dibedakan atas ciri khas yang membedakan jenis kain ini dengan jenis kain yang lain. Adapun ciri-ciri khusus tersebut antara lain :

 

  1. Tingkat ketebalan kain flanel sangat beragam, yakni mulai dari 2 mm sampai dengan ketebalan 5 mm
  2. Serat kain flanel hampir seperti serat kapas
  3. Sifat kain flanel agak lebih kaku dibandingkan dengan jenis kain lain
  4. Meski kaku, kain flanel dapat dengan mudah dibentuk sehingga sangat mudah diaplikasikan sebagai bahan pembuatan kerajinan tertentu
  5. Tepian kain flanel tidak mudah bertiras atau mbrudul
  6. Aplikasi kain flanel menjadi pakaian atau kerajinan tidak memerlukan jahitan tepian karena pinggiran kain yang halus, rapi, dan tidak bertiras
  • Kelebihan Kain Flanel

 

Dikenal dengan karakter bahan yang unik dan berbeda dengan jenis kain yang lain tentu perlu ditelisik kelebihan apa saja yang dimiliki oleh produk kain ini. Selengkapnya dapat ditemukan melalui penjelasan sebagai berikut :

 

  1. Mudah dibentuk dalam ukuran kecil sekalipun
  2. Mudah digunting karena tepian kain yang tidak bertiras
  3. Dapat dibeli dalam jumlah sedikit dan ukuran kecil. Sangat cocok bagi orang-orang yang memerlukan kain flanel dalam jumlah terbatas karena tidak harus membeli dalam ukuran meteran
  4. Berapa harga kain flanel? Tak perlu khawatir karena harga kain ini dikenal cukup terjangkau
  5. Ketersediaannya melimpah, mudah ditemukan di pasaran, dan banyak pilihan warnanya

Kain Kasa

Kain kasa merupakan kain medis yang tipis, berongga dan sering digunakan sebagai penutup luka. Penggunaan kasa steril pun terkadang juga diperlukan untuk membersihkan serta menekan pendarahan pada luka.

 

Kain kasa atau biasa dikenal sebagai gauze sponge merupakan salah satu item yang harus tersedia dalam kotak pertolongan pertama (P3K). Meskipun karakter kainnya seperti jaring dari benang, kain kasa tetap mudah dilepas dari luka tanpa membuat benang-benangnya tercabut. 

 

Melihat dari fungsi kain kasa sebagai pembalut luka, kain ini seringkali disamakan dengan kain perban. Padahal keduanya memiliki perbedaan.

  • Perbedaan Kain Kasa dan Perban

 

Kain kasa dan perban keduanya sama-sama mudah ditemukan di pasaran. Beberapa orang mungkin merasa kebingungan dengan perbedaan kedua jenis kain ini. Berikut adalah beberapa penjelasan tentang perbedaan kain kasa dan kain perban :

 

  1. Kain kasa digunakan untuk membalut luka secara langsung, sementara kain perban tidak boleh bersentuhan dengan luka secara langsung
  2. Bahan kain kasa dan perban adalah sama, namun secara bentuk mereka berbeda. Kain kasa bentuknya berlapis-lapis, satu lapisannya sangat tipis dan berpori. Sementara kain perban wujudnya berupa lapisan kain
  3. Kain perban medis tidak melalui tahapan sterilisasi, sedangkan kain kasa medis melalui tahap sterilisasi. Hal inilah yang dapat menjelaskan alasan fungsi kain kasa medis sebagai pembalut luka secara langsung sementara perban tidak boleh sampai mengenai luka secara langsung
  • Berapa Harga Kain Kasa?

 

Kisaran harga kain kasa terbilang murah dan mudah dijangkau yakni berada dalam rentang ribuan, belasan, hingga puluhan ribu dalam satu kotaknya. 

 

Perbedaan harga ini tentu saja tergantung pada fungsi, kualitas kain kasa, bahkan harga dalam setiap apotek pun bisa berbeda meski produknya sama.

 

Berapa harga kasa steril? Sebagai contoh harga kasa steril merk Onemed yang berkisar antara Rp 7.900 sampai dengan Rp 18.800 (tiap apotek harganya bisa berbeda-beda). Kain kasa steril merk ini diperuntukkan dalam aktivitas operasi, khitan, bebat pusar pada bayi, dan sebagai penutup luka.

Artikel Serupa  Harga Enervon C Botol di Apotik

 

Meski dikenal steril dan dapat menutup luka secara langsung, luka luar sebaiknya dibersihkan dan dikeringkan terlebih dahulu sebelum pengaplikasian kasa steril sebagai penutup luka. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya infeksi.

 

Berapa harga perban? Harga perban cenderung lebih mahal dari kain kasa yakni sekitar puluhan ribu hingga hampir mencapai ratusan ribu rupiah.

Kain Perca

Apa yang dimaksud dengan kain perca? Bagi sebagian orang tentu sudah tidak asing dengan jenis kain ini. Kain perca bukanlah jenis kain khusus yang terbuat dari bahan tertentu. Kain perca adalah kain sisa dari potongan kain utama apapun jenisnya.

 

Dimana kita mendapat kain perca? Kain perca dapat dengan mudah Anda temukan di tempat industri pakaian seperti konveksi, pabrik pakaian, atau tempat jahit memiliki banyak sekali potongan kain sisa yang hanya berperan sebagai limbah. 

 

Di tangan orang yang tepat, barang yang dianggap limbah ini dapat disulap menjadi beragam kreasi indah dari kain sisa atau kain perca.

 

Kain perca menjadi bahan baku yang ekonomis, banyak pilihan serta mudah diaplikasikan dalam berbagai model apa saja dan berpotensi mengundang keuntungan yang besar.

  • Ciri-ciri Kain Perca

 

Kain perca adalah jenis kain yang dapat dengan mudah dibuat sebagai kerajinan unik dan indah menjadi selimut, taplak meja, sarung bantal, penutup kulkas, dan banyak kreasi lainnya. Hampir mirip dengan fungsi kain flanel yang juga sering dipakai sebagai bahan baku kerajinan.

 

Jadi, apakah kain perca dan kain flanel sama? Meski fungsinya hampir sama kedua kain ini jelas sangat berbeda. Kain flanel adalah jenis kain berbahan serat wol sementara kain perca adalah berbagai jenis kain sisa dan hanya berupa potongan-potongan kecil saja.

 

Ciri-ciri kain perca selengkapnya dapat Anda temukan dalam penjelasan sebagai berikut:

 

  1. Ukuran kain relatif kecil-kecil. Keunggulannya, kain ini dapat dengan mudah diproses dan dikreasikan dalam berbagai macam model dan rupa
  2. Berupa potongan kain sisa. Meski demikian, potongan-potongannya dapat digabungkan dengan proses jahitan
  3. Motifnya tak beraturan, tetapi sangat beragam
  4. Ukurannya tidak sama

 

Berdasarkan beberapa ciri-ciri diatas kain perca dapat diproses menjadi berbagai macam kerajinan asalkan Anda:

 

  1. Tahu cara menjahit dan teknik menjahit kain perca
  2. Kreatif dan banyak memiliki ide 
  3. Memiliki alat penunjang seperti mesin jahit ataupun peralatan jahit lainnya
  4. Bisa membangun koneksi dan kerjasama dengan pemilik industri kain 
  • Harga Kain Perca

 

Harga kain perca berapa? Harga kain ini sangat fleksibel dan beragam tergantung jenis kain percanya dan tergantung dengan siapa Anda membeli. 

 

Harga kain perca kiloan berkisar antara ribuan sampai puluhan ribu rupiah. Namun, Anda juga bisa mendapatkan kain perca secara cuma-cuma jika sudah berhubungan baik dengan pemilik industri kain.

Kain Tile 

Kain tile biasa disebut dengan ‚Äútulle‚ÄĚ dalam bahasa Inggris. Kain tile itu seperti apa? Kain tile lebih menyerupai jala karena teksturnya seperti jaring halus. Maka dari itu, tampilan kain ini bisa tembus pandang alias transparan. Meski begitu, kain tile dikenal cukup kuat dan awet.¬†

 

Umumnya, kain tile terbuat dari berbagai macam serat, seperti nilon, rayon, polyester, dan sutra. Namun, rayon menjadi jenis serat yang paling langka untuk membuat kain tile. Sementara yang paling banyak adalah dibuat dari bahan sintetis polyester. 

 

  • Perbedaan Kain Bobbinet dan Kain Tile

 

Sebagian orang tak bisa membedakan antara kain tile dengan bobbinet karena keduanya sama-sama berbentuk seperti jaring-jaring. Meski begitu, keduanya tetaplah jenis kain yang berbeda. 

 

Kain tile memiliki permukaan tekstur yang halus dan lembut. Selain itu, bobot kain tile lebih ringan daripada jenis bobbinet. 

 

Sebaliknya, kain bobbinet bersifat lebih kasar dan kaku. Selain itu, bobbinet juga berbentuk heksagonal yang sangat tipis dan bersifat transparan. Kain sejenis ini banyak ditemukan di Perancis, Inggris, dan Amerika. 

 

  • Berapa Harga Kain Tile Polos?¬†

 

Kain tile memiliki berbagai macam variasi warna dan jenis. Berdasarkan karakteristiknya, kain tile terbagi menjadi kain tile polos yang kaku hingga yang lembut. 

 

Kain tile polos yang halus biasanya cocok untuk membuat pakaian resmi, seperti kebaya atau furing gaun brokat. Kain tile polos medium memiliki tekstur yang tidak terlalu kasar atau kaku dan tidak terlalu lembut. Biasanya, kain ini digunakan sebagai bahan utama dress tutu. 

 

Sementara, kain tile yang memiliki tekstur kaku biasanya digunakan untuk membungkus seserahan pernikahan atau dekorasi rumah. 

 

Perbedaan bahan dan tekstur kain tile polos tentu membuat harganya pun beragam. Sebagai contoh harga kain tile polos yang ada di e-commerce berkisar antara Rp200.000 hingga Rp320.000 per roll. 

 

Sementara itu, berapa harga kain tile per meter? Untuk kain tile polos stretch atau spandek dengan tinggi 1,5m seharga Rp8.000 per meter dan Rp60.000 per meter untuk kain tile polos crystal. 

 

Anda juga perlu memperhatikan lebar dan tinggi kain saat akan membelinya. Berapa lebar kain tile? Umumnya, kain tile memiliki lebar sekitar 1,2 hingga 1,5 meter. 

 

Kain Sutera 

Berbeda dengan jenis kain lainnya, kain sutera memiliki nilai prestigious tersendiri. Kain sutera memiliki tampilan premium dan kerap digunakan oleh masyarakat menengah karena kemewahannya. Bahan kain sutera memiliki karakteristik yang jatuh, ringan, dan lembut di kulit. 

 

Kain sutera terbuat dari ulat sutera dan daun murbei sebagai makanannya, kemudian menghasilkan serat halus berupa kepompong. Kepompong itulah yang akan diambil sebagai bahan utama pembuatan kain sutera. 

 

  • Fungsi Kain Sutera

 

Meski harganya lebih tinggi dari jenis kain lainnya, kain sutera memiliki berbagai fungsi yang bisa menjadi inspirasi Anda di rumah. 

 

  • Sebagai Fashion¬†

 

Bahan kain sutera dapat dimodifikasi menjadi busana dengan berbagai model. Mulai dari gamis, mukena, kaftan, dress, hingga gaun pengantin. 

 

Biasanya, seorang wanita mengenakan gamis yang terbuat dari kain sutera untuk acara-acara spesial, seperti lebaran, kondangan, dan lainnya. Selain itu, kemewahan kain sutera dengan kualitas premium sangat cocok dibuat sebagai gaun pengantin. 

 

  • Sebagai Kecantikan¬†

 

Bukan hanya sebagai bahan untuk membuat pakaian, kain sutera juga berfungsi untuk menjaga kondisi kulit agar tetap sehat dan terjaga. Mulai dari menjaga kelembaban kulit hingga mencegah kerutan di wajah. 

 

Kain sutera memiliki tekstur yang mudah menyerap air. Hal tersebut tentu membantu kadar air dan kelembapan pada wajah tak akan berpindah ke sarung bantal saat Anda sedang tidur di malam hari. 

 

Selain itu, kain sutera juga dapat mencegah kerutan di wajah. Anda cukup mengganti sarung bantal dengan bahan kain sutera karena teksturnya yang lembut tidak akan meninggalkan garis wajah di kulit yang bisa menimbulkan kerutan tipis. 

 

  • Menjaga Kesehatan Rambut¬†

 

Tidur menggunakan sarung bantal berbahan katun cenderung membuat rambut menjadi kusut dan susah diatur. Sementara kain sutera mengandung zat amino alami dan protein yang dapat mengurangi gesekan sehingga rambut tak bercabang dan kering. 

 

  • Harga Kain Sutera

 

Ada berbagai jenis kain sutra yang dapat ditemukan di pasaran. Namun, Anda perlu mengetahui karakteristiknya agar tak merogoh kocek terlalu dalam dan malah mendapatkan kain sutera palsu. 

 

Kisaran harga kain sutera cenderung tinggi tergantung jenisnya. Untuk harga bahan kain 100% sutera asli sekitar Rp225.000 per meter. Sementara harga kain batik sutera asli berkisar Rp2000.000 per meternya. 

 

Kain Jarik 

Bahan kain jarik merupakan salah satu jenis kain yang khas dengan Tanah Jawa. Kain jarik memiliki beragam motif dan corak tergantung setiap daerahnya. Menurut kehidupan masyarakat Jawa, jarik memiliki peranan sendiri dalam kehidupan.

 

Pertama, jarik dapat menjadi simbol status sosial atau tingkatan hidup seseorang dilihat dari motif jarik yang dikenakan. Kedua, jarik juga dapat memberi tahu dari mana seseorang berasal. Pasalnya, setiap daerah memiliki motif jarik masing-masing. 

 

  • Fungsi Kain Jarik¬†

 

Masyarakat Jawa terbiasa menggunakan jarik sebagai pakaian, gendongan, alas tempat tidur bayi, hingga penutup jasad mayit. Sementara saat ini, fungsi kain jarik sudah tak terlalu sakral seperti dulu lagi. Pasalnya, jarik banyak digunakan sebagai pelengkap kebaya, seperti selendang atau rok. 

 

  • Upacara Pernikahan¬†

 

Kain jarik seringkali dipakai dalam serangkaian acara pernikahan, seperti siraman, midodareni, akad nikah, sampai acara resepsi. Namun biasanya, motif jarik yang digunakan dalam setiap acara berbeda-beda. 

 

Prosesi siraman dilakukan dengan cara memandikan calon pengantin untuk membersihkan secara lahir dan batin. Biasanya, motif jarik yang digunakan dalam acara ini berupa motif jarik grompol dengan harapan penggunanya memperoleh banyak rezeki. 

 

Selanjutnya, proses midodareni yang dilakukan pada malam sebelum akad nikah. Orang tua dan mempelai perempuan memakai kain jarik batik bermotif truntum berarti siap dituntun. 

 

Sementara, mempelai laki-laki pakai motif wahyu tumurun yang berarti mengharap wahyu datang dari Tuhan. 

 

Acara sakral saat akad nikah juga menggunakan kain jarik bermotif sidomukti, sidoluhur, atau sidoasih. Sido sendiri berarti menjadi, mukti artinya kemakmuran, luhur berarti mulia, dan asih artinya dicintai. 

 

  • Sebagai Kemben, Alas Tidur Bayi, dan Alat Gendong Bayi

 

Masyarakat Jawa seringkali menggunakan kain jarik sebagai pakaian sehari-hari. Salah satunya digunakan untuk kemben saat mandi. Kain jarik berfungsi untuk menutupi tubuh mereka ketika mandi di sungai. 

 

Selain mudah dicuci, kain jarik juga mudah kering dan ringan sehingga cocok digunakan sebagai alas tidur bayi. Selain itu, bahannya yang adem membuat kulit bayi lebih nyaman sehingga kerap dijadikan sebagai alat gendong bayi. 

 

  • Harga Kain Jarik

 

Kisaran harga kain jarik terbilang sangat beragam dan terjangkau, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu dalam berbagai ukuran. Perbedaan harga tersebut tentu tergantung pada kualitas dan motif kain jarik. 

 

Sebagai contoh harga kain jarik yang ada dijual di e-commerce berkisar antara Rp31.000 sampai dengan Rp118.000 (setiap toko bisa berbeda-beda harga). Kain jarik ini bisa digunakan untuk sarung, kemben, atau untuk membuat pakaian.

Kain Polyester 

Berbeda dari kain sutera yang terbuat dari alam, bahan polyester terbuat melalui proses kimiawi. Apa itu bahan PE? PE merupakan singkatan dari kata polyester. Polyester berasal dari dua kata, yakni polymer berarti plastik dan ester yang berarti hasil pencampuran alkohol, minyak bumi, dan asam karboksilat. 

 

Pasti Anda bertanya-tanya, baguskah bahan polyester? Untuk mengetahuinya, Anda perlu memperhatikan ciri dan karakteristik yang dimiliki oleh jenis bahan yang satu ini. Berikut beberapa karakteristik bahan polyester: 

 

  • Memiliki Serat yang Lentur

 

Bahan polyester dapat digunakan dalam segala keperluan, termasuk pakaian. Meski memiliki serat yang lentur, bahan polyester tak mudah melar. Hal itu membuat pakaian yang terbuat dari bahan polyester lebih awet alias bertahan dalam jangka waktu yang panjang. 

 

  • Sulit Menyerap Keringat¬†

 

Meski terkenal memiliki serat yang lentur dan tahan lama, bahan polyester sulit untuk menyerap keringat. Hal ini karena teksturnya sangat rapat sehingga mudah lembab. Sebaiknya, hindari menggunakan pakaian berbahan polyester ketika cuaca sedang terik dan panas. 

 

  • Anti Jamur dan Bakteri¬†

 

Selain untuk pakaian, bahan polyester kerap digunakan untuk keperluan rumah tangga, seperti pembuatan sprei, sarung, ataupun selimut. Hal itu karena bahan polyester memiliki sifat anti jamur dan bakteri, sehingga aman untuk diletakkan di tempat tidur. 

 

  • Hidrofobik¬†

 

Bahan polyester bersifat mudah kering dan hidrofobik. Hal tersebut tentu membantu Anda ketika sedang melakukan kegiatan outdoor, terutama saat cuaca hujan. Meski kehujanan, pakaian akan mudah dikeringkan. 

 

  • Terjangkau dan Serbaguna¬†

 

Dibandingkan dengan serat alami lainnya seperti kapas, serat sintetis jarang mengalami fluktuasi sehingga harganya terjangkau. Selain itu, polyester juga mudah untuk digabungkan dengan serat lain sehingga lebih banyak manfaatnya. 

 

Dengan karakteristik tersebut, bahan polyester digunakan untuk apa? Bahan polyester kerap digunakan untuk membuat pakaian khusus musim dingin atau pakaian gunung. Selain itu, bahan polyester juga cocok untuk kaos olahraga. 

 

Lantas, berapa harga kain polyester? Kisaran harga kain polyester bisa Anda temukan di berbagai e-commerce. Namun, Anda perlu mengetahui bahwa harga kain polyester bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, varian kain polyester juga mempengaruhi harganya. 

 

Sebagai gambaran, satu roll kain polyester balotelli polos high twist dibanderol seharga Rp1.500.000. Sementara kain polyester sublime print grade A dijual dengan harga Rp23.800 per meternya.

 

Kain Spunbond

Pernahkah Anda mendengar jenis kain spunbond? Apa itu kain spunbond? Kain spunbond biasa digunakan untuk menggantikan plastik dan kertas sebagai bahan baku untuk shopping bag, goodie bag, atau souvenir. 

 

Selain itu, kain spunbond dianggap higienis karena kerap digunakan untuk membuat masker, pampers, dan penutup kepala. 

 

Pembuatan kain spunbond menggunakan proses kimia. Kain spunbond memiliki tekstur yang halus, sedikit kaku, dan seratnya rapat sehingga cukup kuat. Ketebalan kain spunbond pun beragam, mulai dari 25 gram sampai 100 gram. 

 

Dibandingkan jenis kain lainnya, kain spunbond memiliki kelebihan, seperti:

 

  1. Bersifat ramah lingkungan, sehingga membantu mengurangi penggunaan plastik yang berlebihan
  2. Tidak mengandung bahan kimia, sehingga aman untuk dipakai 
  3. Terdapat berbagai pilihan warna 
  4. Mudah dibentuk, sehingga dapat dikreasikan dengan berbagai bentuk
  5. Awet dan dapat digunakan berkali-kali. Bisakah kain spunbond dicuci? Tentu saja. Anda bisa mencucinya ketika sudah kotor.

 

Kain spunbond memiliki beberapa jenis menurut ketebalannya. Mulai dari 25 gram, 50 gram, 55 gram,75 gram, hingga 100 gram. Setiap ketebalannya mempunya fungsi yang berbeda-beda. Berikut penjelasannya! 

 

  • Kain Spunbond 25 – 50 Gram¬†

 

Kain spunbond dengan ukuran tebal 25 gram ‚Äď 50 gram termasuk jenis spunbond yang paling tipis. Biasanya, kain dengan ketebalan ini digunakan sebagai pembungkus, seperti tas, sepatu, atau dompet.¬†

 

  • Kain Spunbond 55 ‚Äď 75 Gram¬†

 

Ukuran tebal kain spunbond ini yang paling sering dijumpai. Pasalnya, kain spunbond dengan ketebalan ini biasa digunakan untuk goodie bag. Selain itu, tekstur dan ketebalannya lebih mudah untuk dijahit dan ditambahkan dengan jenis kain lainnya. 

 

  • Kain spunbond 100 Gram¬†

 

Kain dengan ukuran 100 gram adalah yang paling tebal di antara dua kain spunbond sebelumnya. Bahannya yang tebal membuat kain ini kuat sehingga kerap dijadikan sebagai tas untuk membawa barang-barang berat. 

 

Setiap ketebalan dan lebar kain spunbond tentu memiliki harga yang berbeda-beda. Berapa lebar kain spunbond? Umumnya, kain spunbond memiliki lebar 160 cm x 100 cm dengan ketebalan 75 gram. 

Lantas, berapa harga kain spunbond? Kisaran harga kain spunbond terbilang murah dan mudah dijangkau. Sebagai gambaran, harga kain spunbond 50 gram sekitar Rp8.000 per meter. Sementara itu, ketebalan 100 gram sekitar Rp900.000 per roll.

Kain Microfiber

Kain microfiber bisa dikatakan sebagai kain serba guna. Lalu, apa yang dimaksud dengan kain microfiber sehingga kain ini juga turut diburu kaum hawa dan perusahaan konveksi lainnya? Berikut beberapa alasannya:

 

  1. Kain ini dibuat dari 80% bahan polyester dan 20% bahan polyamide.
  2. Ampuh membersihkan kotoran.
  3. Digunakan untuk beberapa jenis peralatan rumah tangga (lap, serbet, handuk dan lainnya).
  4. Dibuat melalui proses kimia yang Panjang karena berbahan dasar petroleum (minyak bumi).

Apa itu kain polyester microfiber? Kain polyester adalah sejenis kain yang pembuatannya cukup panjang karena melalui tahapan kimia. Jenis ini tidak menggunakan bahan yang bebas atau tersedia di alam seperti kain wol, kapas dan lainnya, melainkan dibuat melalui proses kimia berupa sintesis.

 

Tak heran, jika kain jenis ini banyak digunakan pada peralatan rumah tangga seperti untuk bahan dasar handuk, lap dan sejenisnya. Bahkan banyak perlengkapan rumah tangga yang juga dijual dengan bahan dasar kain microfiber ini.

 

Lalu, berapa harga lap microfiber? Biasanya dibandrol kurang lebih mulai dari Rp. 3.000 hingga Rp. 10.000-an tergantung ukuran kain lap yang dibeli. Selain lap microfiber, ada pula handuk jenis microfiber. Apa yang dimaksud dengan handuk microfiber?

 

Handuk microfiber merupakan handuk yang dibuat dari bahan atau kain microfiber. Kain jenis ini sangat pas untuk semua jenis handuk karena bahannya yang tidak mudah melar dan awet digunakan. Jika Anda berminat membeli kain microfiber, perhatikan ciri-cirinya berikut ini:

 

  1. Memiliki bahan serat yang berelastisitas tinggi.
  2. Bahan halus dan lembut karena sintesis.
  3. Bahan tahan lama dan tak mudah kusut.
  4. Memiliki daya serap yang baik.
  5. Dapat tahan dari bakteri.
  6. Jika digunakan pada peralatan rumah tangga (Lap, serbet dll) sangat bersih.

 

Kain Wolfis

Bahan wolfis, siapa yang tidak tahu jenis kain konveksi satu ini? Sudah banyak pakaian gamis, kemeja hingga dress wanita yang menggunakan jenis bahan ini. Bahannya yang ringan bahkan jatuh membuat beberapa penjahit tertarik menyulapnya menjadi aneka jenis pakaian.

 

Seperti yang kita ketahui, kualitas bahan wolfis ini juga lebih baik ketimbang bahan jersey. Populer digunakan sebagai bahan gamis, banyak yang bertanya ‚Äúbahan wolfis apakah adem?‚ÄĚ. Jenis kain konveksi satu ini dikenal sebagai bahan yang nyaman untuk digunakan di berbagai musim.

 

Kemudian, bahan wolfis apakah panas jika dikenakan? Tentu saja tidak, bahan wolfis adalah sejenis kain adem yang bisa Anda kenakan kapan saja dan di mana saja. Uniknya, bahan ini juga dikatakan sebagai:

 

  1. Jenis kain yang tidak mudah kusut, sehingga jika Anda terburu-buru dan belum sempat menyetrika jenis pakaian wolfis sangat pas untuk keseharian Anda.
  2. Bahan ringan, cocok untuk pakaian longgar seperti gamis atau jubah.
  3. Tidak transparan ketika dikenakan, cocok untuk pakaian tertutup.
  4. Harga lebih murah.

Wolfis sudah terkenal dengan harganya yang relatif lebih murah, tetapi dengan kualitas bahan yang tidak murahan. Di zaman sekarang berapa harga kain wolfis 1 meter? Jika Anda berminat dengan kain jenis ini, harganya pun tidak mahal,

 

Untuk satu meter-nya dihargai mulai dari Rp. 20.000 hingga Rp. 35.000-an saja. Tetapi jika Anda membeli dengan ukuran roll-an atau sekitar 5,5 meter, harga yang wajib dibayar adalah berkisar Rp. 121.000 saja.

 

Ada beragam jenis kain wolfis, salah satunya bahan premium. Bahan wolfis premium seperti apa? Wolfis jenis premium adalah kain wolfis yang memiliki kualitas kain yang halus, lembut, tidak transparan, ringan juga bahan jatuh.

 

Tetapi, perlu Anda tahu juga bahwa jenis kain wolfis satu ini juga dikenal sebagai kain yang tipis, tak seperti kain jenis lainnya yang memiliki diameter kain yang lebih tebal. Walaupun tipis, namun tetap memiliki serat yang rapat dan tidak transparan ketika dipakai.

 

Kain Oxford

Pernahkah Anda mendengar jenis kain oxford? Sebuah kain yang tak kalah eksis dengan kain jenis wolfis, katun dan microfiber. Kain ini juga sangat mudah dijumpai di beberapa toko konveksi.

 

Bahkan menariknya, ada beberapa kemeja yang juga dibuat dari kain jenis ini karena memiliki daya serap keringat yang baik dan cocok digunakan bagi mereka yang tinggal di daerah tropis. Mengenal tentang bahan Oxford itu seperti apa?

 

Kain Oxford adalah sejenis bahan konveksi yang berasal dari perpaduan bahan katun dengan bahan teteron dan ini merupakan salah satu hasil dari pembuatan kain dengan cara drill. Apakah kain oxford tebal sehingga panas jika dikenakan seharian?

 

Tentu tidak, kain oxford adalah jenis kain drill yang paling baik daripada jenis drill lainnya. Bahkan kain ini memiliki ketebalan yang lebih rendah ketimbang kain drill lainnya. Bahannya juga sangat ringan dan tak transparan membuat kain ini diminati setiap konvektor di Indonesia.

 

Ada beberapa keunggulan jika Anda memilih kain jenis Oxford ini untuk bahan pakaian atau lainnya, yaitu:

 

  1. Memiliki bahan yang lembut sehingga nyaman dan tak mudah membuat iritasi kulit
  2. Memiliki pilihan warna yang banyak dan bervariasi
  3. Bahannya tidak transparan dan ringan
  4. Adem ketika dikenakan seharian
  5. Awet dan kuat sehingga tahan lama 
  6. Memiliki daya serap yang tinggi ketimbang jenis bahan drill lainnya

 

Apakah bahan oxford menyerap keringat? Kain konveksi jenis oxford ini juga memiliki daya serap yang tinggi bahkan juga tahan akan air maupun keringat.

 

Bahannya yang halus juga akan membuat siapapun yang mengenakannya akan terasa nyaman dan tidak panas sehingga aman digunakan di setiap aktivitas harian. Selain memiliki daya serap yang tinggi, bahan ini juga banyak digunakan untuk membuat masker.

 

Jadi, apa itu bahan oxford untuk masker? Bahan oxford juga digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan masker, karena jenis kain ini dikenal tidak akan menyebabkan iritasi pada kulit dan tidak pengap jika dijadikan kain masker.

Kain Kanvas

Kain kanvas merupakan jenis kain yang cukup umum digunakan dalam industri busana dan juga seni. Bahan ini sering sekali digunakan pada sepatu, tas, dan alas lukis. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang masih menanyakan apa itu bahan kain kanvas?

 

Kanvas adalah jenis kain tenun yang memiliki tingkat kekokohan dan durabilitas tinggi. Tenunan kanvas bisa terbuat dari bahan natural, seperti linen dan kapas, namun bisa juga terbuat dari bahan sintetis. Karena karakteristiknya, jenis kain ini cocok untuk kegiatan di luar ruangan.

 

Apakah kain kanvas itu bagus? Pertanyaan seperti ini merupakan pertanyaan yang sedikit rumit. Pasalnya, terdapat beberapa parameter untuk melihat suatu kain kanvas. Selain itu, tergantung dari tujuan penggunaannya, jenis yang dipilih akan berbeda. Berikut merupakan penjelasan yang lebih mendetail:

 

  • Bahan Dasar Penyusun Kain

 

Terdapat dua serat alami yang umum digunakan untuk menenun kanvas, yaitu serat kapas dan serat linen. Serat linen diketahui mampu menghasilkan kain kanvas yang lebih tahan lama untuk digunakan. Akan tetapi, kanvas dari serat linen harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan kanvas dari kapas.

 

  • Berat Kain

 

Berat dari kain kanvas sangat tergantung atas jumlah tenunan di dalamnya, serta ketebalan dari serat yang digunakan untuk menenun. Semakin berat sebuah kain kanvas, maka ia akan lebih mampu menahan tekanan tanpa terkoyak. Artinya, kain tersebut sifatnya lebih elastis.

 

Jika ada yang bertanya bahan kanvas jaket itu seperti apa?, dapat disimpulkan bahwa bahannya merupakan yang tipenya antara kanvas ringan dan berat. Bahan kanvas harus cukup ringan agar tidak membebani tubuh saat digunakan. Namun, kain perlu memiliki berat tertentu agar lebih tahan lama dan tidak mudah sobek.

 

Berapa harga kain kanvas lukis? Untuk kain kanvas lukis yang berbahan dasar serat kapas, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp15.000,- per meternya. Untuk kain yang berbahan linen harganya sedikit berbeda. Harga per meter kain tersebut bisa mencapai Rp30.000,-.

Artikel Serupa  Harga oli shell mobil 4 liter

 

Untuk kain kanvas yang bisa dipakai sebagai bahan garmen, harganya berkisar di angka Rp20.000,-. Saat ini, banyak juga kain kanvas yang dijual bermotif. Jelas harganya akan sedikit berbeda dibandingkan kain kanvas polos. Kain kanvas motif bisa dihargai hingga Rp30.000,- per meter.

 

Kain Kafan

Kain kafan merupakan kain yang lazim digunakan di acara pemakaman di Indonesia. Fungsi utama dari kain kafan di prosesi-prosesi pemakaman merupakan pembungkus jenazah. Sesungguhnya penggunaannya cukup global dan diterapkan oleh umat berbagai agama, mulai Islam hingga Yahudi.

 

Sebagian orang mempertanyakan kain kafan itu kain apa? Kain ini tidak mengacu pada jenis bahan yang digunakan, melainkan pada fungsinya untuk membungkus. Kain kafan pada dasarnya dibuat dari serat alami seperti katun dan linen. Tujuan dari penggunaan serat ini adalah untuk memudahkan proses dekomposisi.

 

Saat ini, bahkan mulai ada gerakan lebih luas untuk mendukung penggunaan kain kafan dalam prosesi pemakaman umum, tidak hanya di agama tertentu. Pasalnya, manfaatnya terhadap lingkungan lebih nyata dibandingkan bahan lain untuk membungkus jenazah. Berikut alasan penggunaannya:

 

  • Proses Produksinya Cenderung Lebih Ramah Lingkungan

 

Kain kafan proses produksinya cenderung lebih ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan oleh bahan alami yang digunakan, terutama jika kain kafan tidak diwarnai. Ada juga yang bertanya kenapa kain kafan harus berwarna putih? Hal ini karena warna putih merupakan warna berkabung di kepercayaan tertentu.

 

Kafan yang berbahan dasar katun terutama merupakan jenis yang lebih ramah lingkungan. Sumber daya kapas masih jauh lebih banyak dibandingkan dengan linen atau sutra. Oleh karena itu, kafan berbahan dasar katun lebih sering disarankan.

 

  • Mampu Menahan Berat Tubuh Manusia

 

Karena memang kain kafan banyak dirancang untuk pemakaman, maka kain ini dapat menyangga beban tubuh manusia. Hal ini terutama bermanfaat dalam urusan memindahkan jenazah dari satu tempat ke tempat lainnya. Kain tidak akan mudah sobek dalam proses tersebut.

 

  • Ada Pilihan Kain yang Bertali

 

Ketika membeli kain kafan untuk pemakaman, terdapat pilihan untuk membeli kain yang polos dan kain yang bertali. Kain yang bertali memudahkan proses pembungkusan jenazah. Dengan menggunakan kain tersebut, jenazah akan terbungkus dengan lebih rapat.

 

Berapa harga kain kafan 1 meter? Harganya biasanya cukup terjangkau, yaitu Rp10.000,- per meternya. Tentunya ketika bahan sutra digunakan harganya bisa melonjak tajam. Namun, di Indonesia sendiri bahan katun lebih populer.

 

Berapa meter kebutuhan kain kafan? Biasanya penggunaannya berbeda tergantung ukuran dan jenis kelamin jenazah. Pada laki-laki dewasa, kain kafan yang dibutuhkan berkisar antara 13 hingga 15 meter. Sedangkan untuk perempuan dewasa, kain kafan yang dibutuhkan bisa mencapai 19 meter.

 

Kain Wol

Apa kain wol? Bagaimana kain ini dibuat dan digunakan? Kain wol kemungkinan merupakan salah satu jenis kain terpopuler di bidang industri fashion. Kain ini pada umumnya dibuat dengan menggunakan serat yang berasal dari bulu hewan seperti domba hingga unta.

 

Karena karakteristik bulu hewan yang digunakan dalam proses pembuatan, maka kain wol cenderung lebih tebal. Tenunannya pun lebih rapat karena ukuran benangnya yang tebal. Karena itu, banyak orang yang juga mempertanyakan apakah wol dapat menyerap keringat?

 

Banyak orang berpendapat bahwa hal tersebut tidak mungkin karena ketebalannya. Akan tetapi, berkebalikan dengan pendapat itu, wol merupakan salah satu jenis kain yang mampu menyerap keringat dengan efisien. Bahkan, keringat yang muncul akan langsung diuapkan dengan kain ini sebelum menumpuk.

 

Apa manfaat wol? Mengapa kain ini cukup populer di dunia fashion selama beratus-ratus tahun? Berikut merupakan keunggulan dari kain ini:

 

  • Ramah Lingkungan dan Mengalami Biodegradasi

 

Kain wol dibuat dari serat bulu hewan sehingga lebih ramah lingkungan. Praktik ini terutama berlaku untuk kain wol yang diproduksi oleh industri rumah tangga dalam skala kecil. Selain itu, sifat kain wol adalah biodegradable. Sampah dari kain ini akan dengan mudah terurai oleh bakteri dan tidak mencemari lingkungan.

 

  • Mampu Menjaga Suhu Tubuh dengan Baik

 

Kain wol mampu menjaga suhu homeostasis tubuh. Ketika udara di luar dingin, kain akan cenderung membantu tubuh mempertahankan kehangatannya. Sebaliknya, ketika udara panas, kain wol akan menjaga agar tubuh tetap dingin. Karena itu, baju wol cocok untuk dikenakan sepanjang tahun.

 

  • Nyaman untuk Digunakan

 

Salah satu sifat dari kain wol adalah resisten terhadap listrik statis, berkebalikan dengan kain berbahan sintetis. Karena sifatnya ini, kain wol tidak akan mudah menempel ketat pada kulit. Akibatnya baju dengan bahan wol lebih nyaman digunakan dan rasanya tidak gerah.

 

Wol yang dijual di pasaran tidak selalu murni berasal dari serat hewan, misalnya wol sutra atau wool silk. Bahan wool silk seperti apa? Bahan ini merupakan kombinasi dari serat natural bulu hewan dan benang sutra. Kainnya terasa kokoh dan pada satu sisinya memiliki warna yang mengkilap sehingga sering digunakan untuk gaun pengantin.

 

Kain Mori

Kain mori biasanya disandingkan dengan kain kafan dalam berbagai kesempatan. Tentunya jadi muncul pertanyaan, apakah kain mori dan kain kafan itu sama? Dalam prosesi pemakaman seringkali orang-orang menggunakan kain mori sebagai pembungkus jenazah.

 

Mungkin, akan lebih mudah untuk mengajukan pertanyaan berikut terlebih dahulu: ‚Äúkain kafan itu kain apa?‚ÄĚ Kain kafan bukanlah sebuah istilah spesifik untuk menggambarkan jenis serat dan proses pembuatan kain. Semua kain yang memiliki fungsi untuk membungkus, terutama dalam kegiatan pemakaman, dapat disebut kafan.

 

Karena itu, kain mori yang sering juga digunakan di dalam prosesi pemakaman, bisa disebut sebagai kain kafan. Namun, kegunaan kain mori sesungguhnya tidak terbatas pada hal tersebut saja. Berikut merupakan fungsi-fungsi lain dari kain mori:

 

  • Layar Proyektor¬†

 

Zaman dahulu, bioskop-bioskop sering memanfaatkan kain mori untuk digunakan sebagai layar monitor. Kain mori memiliki tingkat ketebalan yang tinggi karena seratnya cukup rapat. Selain itu, kerapatan serat juga membuatnya mampu melakukan proyeksi gambar dengan lebih baik.

 

  • Medium Batik

 

Penggunaan kain mori yang populer lainnya adalah sebagai medium batik. Biasanya, yang digunakan adalah kain mori yang berwarna putih. Alasan penggunaan kain ini adalah warna yang digunakan untuk membatik cenderung lebih mudah menempel pada serat-serat kain.

 

Dari mana asal kain mori? Kain mori merupakan kain yang berasal dari campuran beberapa bahan. Biasanya, bahan yang digunakan adalah sutra (silk), katun, dan juga rayon. Karena mori merupakan gabungan antara bahan natural dan sintetis, maka karakteristiknya merupakan kombinasi keduanya.

 

Selain itu, dalam proses produksinya, kain mori bisa saja menjalani proses bleaching dan bisa juga tidak. Kain yang mengalami proses bleaching warnanya akan menjadi putih bersih. Sementara itu, kain yang tidak menjalani bleaching, warnanya akan tampak lebih kusam.

Berapa harga kain mori? Harga kain mori di pasaran sangat bergantung pada tingkat kerapatan tenunannya. Kain mori batu bisa dijual dengan harga Rp5.000,- per meternya. Untuk tipe premium primisima, harganya bisa mencapai Rp30.000,- per meter karena kualitasnya yang tinggi.

Kain Linen

Salah satu jenis kain yang dipakai sebagai bahan tekstil adalah kain linen. Apakah bahan linen itu bagus? Linen tergolong kain yang istimewa karena merupakan jenis kain tertua dan pertama kali digunakan dalam pembuatan tekstil di dunia.

 

Kain linen terbuat dari serat linen atau rami, yang mana termasuk serat alami dengan kekuatan lebih jika dibandingkan dengan serat alami lainnya. 

 

Kebanyakan, kain linen memiliki ciri khas warna natural, cenderung sedikit pucat dan dominasi ke warna putih. Namun terdapat juga berbagai warna lain, karena kain linen ini memiliki kemampuan daya serap yang tinggi. 

 

Selain itu, kain linen ini memiliki tekstur permukaan kain yang lembut serta rapi. Dari segi pemakaiannya, apakah bahan linen mudah kusut? Seiring pemakaian dan perawatan yang baik dan benar, kain linen semakin enak untuk digunakan bahkan dalam hitungan tahun.

 

Kain linen tergolong fleksibel karena akan menghangatkan saat digunakan pada cuaca dingin dan saat dipakai dalam cuaca panas akan terasa adem. Meskipun sama-sama adem, apa beda katun dan linen? Jika dilihat dari berbagai sisi, berikut ini perbedaan linen dengan katun:

 

  • Bahan Kain Linen vs Katun

 

Sudah disinggung di atas, jika kain linen berasal dari serat alami yakni serat linen atau rami. Sedangkan katun, merupakan salah satu jenis kain yang diproses dari serat tanaman kapas.

 

  • Tekstur Kain Linen vs Katun

 

Dari segi tekstur permukaan kain, katun memiliki tekstur yang tidak sehalus daripada linen. Sementara linen memiliki tekstur yang lebih banyak jika dibandingkan dengan serat kapas dan permukaannya lebih halus.

 

  • Perawatan Kain Linen vs Katun

 

Terbuat dari serat kapas membuat katun lebih mudah untuk dirawat daripada kain linen. Sementara linen dalam perawatannya, membutuhkan lebih sering penyetrikaan untuk menghindari kain cepat kusut.

 

  • Harga Kain Linen vs Katun

 

Salah satu kekurangan kain linen adalah harganya yang lebih mahal daripada kain katun, mengingat kualitas dan keberadaan linen yang lebih populer.

 

Kain Majun

Kain majun atau lebih umum dikenal sebagai kain lap, menjadi kain favorit yang kerap dipakai dalam bidang industri seperti otomotif, mebel, elektronik dan perusahaan lainnya yang membutuhkan lap, lebih mengutamakan kain majun sebagai alat pembersih di tempat mereka.

 

Tak perlu repot untuk mencucinya, sifatnya yang praktis dapat langsung dibuang setelah dipakai. Harga kain majun ini tergolong murah, dikatakan murah karena bahan kain majun ini berasal dari kain sisa potongan industri garmen.

 

Kain sisa tersebut cukup beragam mulai dari yang bagus hingga kurang bagus. Cara membuat kain majun tidak terlalu sulit, karena tidak memakai aturan, ukuran atau pola khusus. Ada yang dibuat menyambung, ditumpuk-tumpuk hingga dijahit kemudian dijual.

 

Seperti halnya lap pada umumnya, fungsi kain majun ini adalah untuk membersihkan kotoran sisa berupa air, debu, serbuk besi, minyak, oli, dan juga bahan membuat keset hingga isian boneka. 

 

Tak terbatas di situ saja, kain majun sebagai lap pembersih ini masih dapat dibedakan lagi berdasarkan jenisnya. Jenis kain majun mulai dari yang asalan, campuran, sambung, warna jahit, putih jahit, hingga lembaran.

 

Meskipun dapat difungsikan untuk membersihkan kotoran di lingkungan industri, namun kain majun tergolong belum memiliki daya serap yang sempurna. Itulah sebabnya, kain majun yang telah terkontaminasi zat kimia bisa berbahaya jika penggunaannya tidak tepat.

 

Karena belum sempurna tersebut, kain majun terbilang tidak higienis. Sehingga, pada kegunaannya sebagai lap juga harus lebih diperhatikan dan hati hati, karena tidak bisa dipakai pada industri seperti makanan, minuman, hingga farmasi.

 

Namun, karena ada juga kain majun yang memiliki sifat halus sehingga aman dari goresan dan lebih mampu menyerap kotoran secara baik, salah satunya adalah kain majun yang berasal dari bahan katun.

 

Penggunaan kain majun ini memang sangat dibutuhkan, namun dampaknya pada lingkungan juga perlu untuk dikontrol serta dimaksimalkan lagi. Hal ini dilakukan agar industri bisa tetap melakukan kegiatan kebersihan dengan biaya yang lebih efisien.

 

Kain Satin

Para perancang busana maupun pecinta fashion, tentu sudah tak asing lagi dengan yang namanya kain satin. Apabila mendatangi toko kain, kain satin ini sangat mudah dikenali karena tampilannya yang cukup mencolok. 

 

Selain mencolok, apakah bahan satin itu bagus? Sudah dikenal sejak dulu, kain satin dibuat menggunakan teknik tenun dan bukan tergolong kain yang berjenis dari serat atau fiber. Proses tenun itulah yang membuat kain satin ini tampak berkilau dan juga menarik.

 

Teknik tenun kain satin ini dimulai dari membentuk dua jalur silang yang berlawanan sebagai penentu arah untuk menenun benang. Dari teknik tersebut kemudian muncul istilah warp (benang pakan) dan weft (benang lusi) yang akan bergerak ke kanan dan kiri untuk menciptakan pola melebar.

 

Selain bergerak melebar, satu jalur warp dan juga jalur weft akan bergerak secara vertikal secara naik turun. Semua proses itu nantilah yang nantinya akan membentuk benang yang telah ditenun menjadi kain satin.

 

Jika prosesnya terbilang ‚Äúistimewa‚ÄĚ yakni dengan teknik tenun, lalu karakteristik kain satin itu seperti apa? Secara visual, kain satin terlihat mengkilap dan tampak glossy sehingga menimbulkan kesan motif kain mewah dan elegan.

 

Apabila disentuh, kain satin memiliki tekstur permukaan yang licin, halus serta lembut. Karena kelembutannya, satin tergolong kain yang ‚Äújatuh‚ÄĚ sehingga lebih mudah dibentuk saat akan dirancang.

 

Berdasarkan karakteristik kain satin tersebut, jadi sudah tidak perlu diragukan lagi apakah bahan satin mudah menyerap keringat? Sifatnya yang adem saat digunakan akan membuat siapapun nyaman. 

 

Salah satu jenis satin yang bersifat adem adalah satin velvet. Kalau begitu, apakah bahan satin velvet itu bagus? Satin velvet memiliki tekstur permukaan dengan karakter yang halus serta lembut.

 

Satin velvet sedikit lebih tebal, sehingga tampilannya lebih ‚Äújatuh‚ÄĚ. Bentuknya pun juga tidak mudah berubah atau kusut. Bahannya pun terasa tidak terlalu panas saat dikenakan, sehingga tak heran jika jenis satin velvet kerap dipilih sebagai bahan dalam pembuatan jilbab.

Kain Tapis

 

Sebagai salah satu warisan tekstil nusantara, kain tapis memang memiliki keistimewaan tersendiri. Bagi yang belum banyak mengetahui mengenai kain ini pasti akan bertanya-tanya tentang apa keistimewaan kain tapis?

 

Kain tapis memiliki motif indah yang diperoleh melalui proses pembuatan yang cukup panjang. Terdapat bagian-bagian kain yang disulam langsung oleh tangan pengrajin. Inilah yang membuat kain tapis istimewa. Penggunaan benang berwarna emas juga membuat tampilan kain ini tampak mewah dan elegan.

 

  • Definisi Kain Tapis

 

Dengan berbagai keistimewaan yang dimilikinya, sebenarnya apa kain tapis itu? Kain tapis adalah salah satu produk tradisional Lampung yang dibuat dengan benang emas atau perak hingga membentuk pola motif tertentu. Tapis berasal dari bahan dasar benang kapas yang ditenun dengan teknik tradisional.

 

  • Motif Kain Tapis

 

Tampilan kain ini semakin menarik dengan adanya beberapa motif khusus yang hanya bisa Anda temui pada kain asal Lampung ini. Lalu, apa saja motif kain tapis Lampung? Berikut penjelasan mengenai motif kain tapis:

 

  1. Ada motif yang mengangkat tema yang berkaitan dengan alam, terutama motif-motif berbentuk flora ataupun fauna
  2. Motif lain yang juga kerap digunakan menggambarkan kehidupan rumah tangga yang ada pada beberapa jenis kain tapis. Contohnya pada jenis kain tapis cucuk andak
  3. Penggunaan motif pada kain tapis juga dipengaruhi oleh asal daerah pembuatan kain tersebut. Misalnya, pada daerah pesisir, yang banyak digunakan untuk kain tapis adalah motif peminggir dengan dominansi tema flora
  4. Pada daerah pedalaman, motif yang dibuat biasanya lebih sederhana bahkan cenderung kaku, seperti motif perpaduan

 

  • Harga Kain Tapis

 

Mengingat proses pembuatan dan hasilnya yang elegan, kira-kira berapa harga tapis Lampung? Pembuatan 1 helai kain tapis secara tradisional bisa memakan waktu cukup lama, bahkan hingga berminggu-minggu lamanya. Ditambah lagi dengan penggunaan bahan yang berkualitas, tak heran jika harga kain ini cukup tinggi.

 

Secara umum, kisaran harga dari kain tapis juga dipengaruhi oleh kerumitan motif saat proses pembuatannya. Penggunaan benang dan kain yang dipilih juga mempengaruhi harga saat kain tapis sudah siap pakai. 

 

Pada kain dengan motif sederhana dengan umur kain yang masih cenderung muda, harga kain ini umumnya dijual pada kisaran angka jutaan rupiah. Berbeda dengan kain tapis yang sudah berumur puluhan tahun, harganya bisa dibanderol mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

 

Kain Blacu

 

Kain blacu biasanya digunakan untuk membuat berbagai produk. Keberadaan kain blacu yang serbaguna ini tentu sangat bermanfaat. Memangnya berapa harga kain blacu? 

 

Jika dilihat dari harga pasaran, kain blacu relatif murah dan mudah untuk diperoleh. Tak heran jika kain ini kerap menjadi pilihan wajib para pengrajin untuk membuat berbagai produk.

 

Anda bisa mendapatkan kain ini dari harga belasan ribu hingga puluhan ribu rupiah saja untuk per meternya. Lalu, sebenarnya kain blacu cocok untuk apa? Kegunaan kain blacu sebenarnya sangat beragam, seperti:

 

  1. Pembuatan tas
  2. Bahan souvenir
  3. Bahan untuk gorden
  4. Kain untuk taplak meja dan lain sebagainya

 

Untuk penjelasan lebih lengkap, silahkan simak poin-poin berikut ini:

 

  • Pengertian Kain Blacu

 

Memangnya apa yang dimaksud dengan kain blacu? Kain blacu sebenarnya merupakan bahan kain mori yang masih mentah dan belum dibersihkan. Belum mengalami proses bleaching, kain ini memiliki tampilan kusam dengan warna cenderung putih tulang kekuningan hingga kecoklatan. 

 

Tapi jika bicara dalam konteks pembuatan kain, blacu memiliki pengertian yang berbeda. Dalam pembuatan kain, blacu adalah istilah yang sering digunakan untuk menyebut kain tenun yang belum diwarnai. Proses finishing dari pembuatan kain tenun adalah melakukan pewarnaan. Satu tahap sebelum pewarnaan itulah saatnya kain disebut blacu.

 

  • Pewarnaan Kain Blacu

 

Lalu apakah kain blacu bisa diwarnai? Jawabannya tentu saja bisa. Anda bisa mewarnai kain blacu sendiri sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Kain blacu bisa diwarnai menggunakan pewarna sintetis maupun pewarna alami. Anda bisa memodifikasi dan berkreasi dengan kain blacu baik yang sudah dibuat menjadi produk ataupun belum.

 

Misalnya, Anda menggunakan kain blacu untuk membuat tas, Anda bisa memodifikasi tas tersebut agar tampilannya lebih menarik. Saat sudah bosan dengan bentuk dan tampilan tas kain blacu milik Anda, warnailah sesuai dengan warna keinginan Anda.

 

Aneka kreasi menarik bisa dibuat dari kain blacu untuk memenuhi berbagai kebutuhan Anda. Bahan kain ini juga dikenal sebagai kain yang ramah lingkungan karena belum mengandung unsur pewarna dalam pembuatannya. Dengan perawatan yang tepat, penggunaan kain blacu bisa bertahan hingga jangka waktu cukup lama.

 

Kain Scuba

 

Jika Anda termasuk orang yang menyukai olahraga renang, pasti Anda pernah mencari kain yang bisa nyaman digunakan untuk berenang. Atau jika menyukai aktivitas olahraga lainnya, kebutuhan akan pakaian olahraga yang nyaman digunakan adalah hal penting. 

 

Untuk mencukupi segala kebutuhan tersebut, Anda bisa menggunakan pakaian dengan bahan kain scuba. Lalu, berapa harga kain scuba? Ada beragam kualitas kain scuba yang bisa Anda jumpai di pasaran, tentunya dengan kisaran harga yang beragam pula. Rata-rata kain ini dijual dengan kisaran harga Rp. 60.000 per meternya. 

 

  • Pemanfaatan Kain Scuba

 

Kain scuba kerap disebut sebagai kain yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, memangnya kain scuba cocok untuk apa? Pada umumnya, kain ini sama seperti jenis kain lainnya yang nyaman digunakan untuk pembuatan pakaian. Scuba memiliki kemampuan untuk meregang atau melar secara vertikal maupun horizontal hingga 40%.

 

Karakter itulah yang membuat kain ini menjadi lebih unik sehingga kerap digunakan untuk pembuatan pakaian khususnya pakaian olahraga. Baju renang, celana olahraga dan baju selam adalah beberapa contoh produk yang kerap menggunakan bahan scuba.

 

  • Pengertian Kain Scuba

 

Lantas, apa yang dimaksud dengan kain scuba? Kain scuba adalah salah satu jenis bahan yang memiliki serat lembut. Bahan ini juga memiliki sifat lentur karena terbuat dari benang filamen yang halus. 

 

Pembuatan kain ini dilakukan menggunakan mesin rajut. Dalam proses pembuatannya, scuba biasanya dibuat untuk membentuk kain dengan rajut ganda agar mempunyai dua lapis. 

 

Jika kain scuba yang Anda temukan memiliki 2 layer, bisa dikatakan jika kain tersebut adalah scuba original dan bukan tiruan. Karena pada jenis kain scuba tiruan, biasanya hanya ada 1 layer saja.

 

  • Ciri-ciri Kain Scuba

 

Bagaimana ciri kain scuba? Scuba memiliki beberapa ciri, diantaranya:

 

  1. Terdiri dari dua lapis kain
  2. Bahan ini termasuk kain yang bisa melar seperti halnya bahan spandek
  3. Kain scuba memiliki tekstur cukup tebal
  4. Kuat dan tidak mudah kusut
  5. Nyaman digunakan
  6. Permukaan kainnya halus saat disentuh

 

Dengan beberapa ciri yang sudah disebutkan di atas, tak heran jika scuba menjadi salah satu bahan yang banyak digunakan untuk pembuatan pakaian. Saat pandemi Covid-19 menyerang, keberadaan masker dari bahan scuba juga bermunculan. 

 

Kain Sasirangan

 

Apa yang dimaksud dengan kain sasirangan? Kain sasirangan adalah kain adat yang berasal dari budaya suku Banjar di Kalimantan Selatan. Sasirangan juga sudah diwariskan secara turun temurun agar dapat terus dilestarikan oleh masyarakat adat suku Banjar. 

 

  • Harga Kain Sasirangan

 

Dikenal sebagai kain adat, lantas berapa harga kain sasirangan? Saat ini Anda bisa menemukan kain sasirangan dengan harga beragam. Harga per meter kain ini sekarang ada yang dibanderol dengan harga puluhan ribu hingga ratusan ribu. Hal ini terjadi karena proses pembuatan kain ini sekarang tidak sesakral dan serumit zaman dahulu.

 

  • Fungsi Kain Sasirangan

 

Catatan sejarah mengatakan pada awalnya proses pembuatan kain ini sangat kental dengan hal-hal sakral. Sebelum pembuatan kain sasirangan dahulu kerap diadakan upacara adat terlebih dahulu. Pemberian warna pada kain ini juga diperuntukan sesuai dengan fungsinya, seperti:

 

  1. Kuning: untuk menyembuhkan penyakit kuning
  2. Merah: untuk mengatasi sakit kepala atau bahkan gangguan tidur (insomnia)
  3. Hijau: untuk mengatasi stroke atau lumpuh
  4. Ungu: untuk menyembuhkan sakit perut
  5. Coklat: untuk mengatasi masalah penyakit kejiwaan (stress dan sebagainya)

 

Pemakaian kain ini juga disesuaikan dengan kebutuhan agar khasiat dari penggunaannya dapat lebih terasa. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan meningkatnya arus globalisasi, kesakralan dari kain sasirangan juga semakin tergerus. Baik proses pembuatan hingga fungsinya mengalami pergeseran.

 

Anda bisa menemukan kain sasirangan dengan mudah seperti saat mencari kain batik di Jawa. Penggunaan kain ini sekarang kerap dimanfaatkan untuk membuat pakaian sehari-hari, seragam sekolah, bahkan gorden maupun sapu tangan. Sudah tidak ada sakralisasi dari kain ini seperti keberadaannya di masa lampau.

 

  • Sejarah Kain Sasirangan

 

Berdasarkan sejarah yang tercatat pada hikayat Banjar, dahulu kain sasirangan sudah ada namun tidak dikenal dengan nama sasirangan. Lalu kain sasirangan dulu namanya kain apa? Konon, kain ini sudah dibuat sejak abad ke-7 namun dikenal dengan nama langgundi. 

 

Sebenarnya, kain sasirangan berasal dari daerah apa? Kain ini sebenarnya merupakan kain adat masyarakat suku Banjar dari Kalimantan Selatan. Meski saat ini sudah banyak ditemukan kain sasirangan yang dibuat dengan alat yang modern, beberapa kain sasirangan tradisional masih ada dan terus dilestarikan keberadaannya. 

Artikel Serupa  Harga Kartu Jak Lingko di Alfamart & Indomaret

 

Kain Moscrepe

 

Apakah Anda pernah bertanya, bahan apa yang cocok untuk gamis? Jika iya, maka kain moscrepe adalah jawabannya. Biasanya, kain ini dijadikan sebagai material utama dalam pembuatan busana muslim, mulai dari hijab, gamis, hingga pakaian syar’i. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai kain moscrepe:

 

  • Harga Kain Moscrepe

 

Pertanyaan mengenai berapa harga kain moscrepe sebenarnya bisa Anda temukan dengan mudah di internet. Kain yang satu ini dijual dengan harga terjangkau dan pas di kantong Anda.

 

Namun, harga kain moscrepe berbeda-beda, tergantung kualitas, ukuran, dan kebijakan masing-masing penjual. Secara umum, kain moscrepe dibanderol dengan harga Rp40.000 untuk setiap satu meter.

 

  • Kelebihan Kain Moscrepe

 

Sebagai bahan pembuat gamis, tentu saja kain moscrepe memiliki beberapa kelebihan. Salah satu kelebihannya adalah harganya yang ekonomis. Selain itu, bahan moscrepe juga cukup tebal, sehingga tidak menerawang.

 

Anda pasti sering sebal jika pakaian tiba-tiba kusut saat ingin digunakan. Tenang saja, kain moscrepe tidak akan mudah kusut berkat teksturnya yang lembut dan bahannya yang ringan.

 

Kelebihan yang terakhir adalah warna kain yang hidup. Pasalnya, moscrepe memiliki sifat mengikat warna. Jadi, Anda bisa membeli kain moscrepe dengan pilihan warna yang lebih beragam.

 

  • Kelemahan Kain Moscrepe

 

Meskipun memiliki banyak kelebihan, nyatanya kain moscrepe juga tidak sempurna dan mempunyai kekurangan. Kelemahan kain moscrepe terletak pada ketahanannya terhadap kerusakan. Bila Anda menggosoknya dengan suhu yang panas, kain moscrepe dapat mengalami kerusakan.

 

Lalu, apakah kain moscrepe panas? Dibandingkan bahan pembuat gamis lainnya, moscrepe cenderung lebih panas saat digunakan karena bahannya yang cukup tebal. Namun, hal ini bisa diatasi dengan penggunaan puring.

 

  • Mengenal Ity Crepe Import¬†

 

Ity crepe merupakan salah satu anggota keluarga crepe yang memiliki tekstur dengan permukaan tidak rata. Bahan ini cenderung lebih halus daripada moscrepe.

 

Sama seperti moscrepe, kain ini juga sering digunakan untuk memproduksi kerudung, gamis, dan khimar. Karakteristik kain yang tidak panas akan membuat Anda nyaman ketika memakainya.

 

Lantas, bahan ity crepe import seperti apa? Berbeda dari ity crepe biasa, produk import cenderung lebih halus dan berkualitas tinggi. Selain itu, bahan ini juga tidak menerawang.

 

Kain Drill

 

Kain drill merupakan salah satu jenis kain yang memiliki tekstur pintalan miring dengan jahitan benang yang kuat. Kata “drill” sendiri diambil dari “drillich”, yang dalam bahasa Jerman berarti tiga benang. Dibandingkan jenis kain lainnya, kain drill dapat digunakan untuk membuat beragam jenis pakaian, baik formal maupun casual.

 

Selain itu, tekstur kain drill juga sangat lembut dan nyaman untuk digunakan. Tak perlu khawatir, kain drill juga sangat mudah dibersihkan dan cenderung lebih tahan lama. Berikut informasi lebih lanjut mengenai kain drill:

 

  • Fungsi Kain Drill

 

Kain drill sendiri dibagi menjadi dua kategori, yakni bahan tebal dan tipis. Fungsi kain drill sangat bergantung pada tingkat ketebalan bahan. Biasanya, kain drill yang tebal digunakan untuk membuat seragam koki dan militer. Kedua pekerjaan ini membutuhkan bahan pakaian yang kuat dan tidak mudah terbakar.

 

Selain itu, kain drill tebal juga dapat melindungi Anda dari cedera. Beberapa kelompok juga memanfaatkan kain drill tebal untuk membuat seragam kerja di lapangan.

 

Sementara itu, kain drill tipis banyak digunakan sebagai material dasar untuk membuat pakaian olahraga. Pasalnya, kain drill sangat kuat terhadap gesekan dan bersifat fleksibel.

 

  • Jenis Kain Drill

 

Seperti jenis kain lainnya, drill juga memiliki banyak varian yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan Anda karena dapat memilih yang sesuai dengan selera. Beberapa jenis bahan kain drill yang beredar di pasaran Tanah Air adalah:

 

  1. Twist drill, memiliki sifat tahan air dengan serat yang kecil
  2. American drill, bertekstur lembut dengan serat ukuran sedang
  3. Japan drill, memiliki serat yang besar dan tebal
  4. Hisofy drill, karakteristiknya sangat lembut dan lemas
  5. Castilo drill, jenis kain yang ekonomis, lembut, dan tidak mudah kusut

 

  • Harga Kain Drill

 

Secara umum, kain drill dapat Anda beli dalam satuan meter di berbagai kios atau distributor kain. Jadi, harga yang dipatok bergantung pada seberapa panjang Anda membeli kain tersebut. Namun, pada beberapa kasus, kain drill dapat dijual per yards, per kilo, maupun per roll.

 

Untuk membeli satu meter kain drill, Anda bisa mendapatkannya mulai dari harga Rp27.000 hingga Rp50.000 saja. Perlu diingat, harga kain drill sangat bergantung pada jenis kain, kualitas, dan kebijakan masing-masing toko.

 

Kain Brokat

 

Anda pasti sudah sering mendengar istilah kain brokat. Tapi, apakah Anda sudah benar-benar mengetahui bahan kain brokat secara mendalam? Jika belum, mari simak beberapa poin berikut ini:

 

  • Pengertian Kain Brokat

 

Secara sederhana, kain brokat dapat didefinisikan sebagai kain yang memiliki banyak dekorasi. Kata “brokat” diambil dari “brocato”, yang dalam bahasa Italia berarti kain yang disulam. Tapi menurut sumber lain, “brokat” diambil dari kata “brocarre” yang bermakna bahan yang ditusuk.

 

  • Karakteristik Kain Brokat

 

Masing-masing jenis kain tentu saja memiliki keunggulan dan ciri khas tersendiri. Beberapa karakteristik yang dimiliki kain brokat adalah sebagai berikut:

 

  1. Mampu memberikan kesan mewah, sehingga cocok diaplikasikan di berbagai jenis pakaian maupun aksesoris
  2. Memiliki banyak pilihan motif yang dilengkapi dengan pola rumit dan corak unik
  3. Teksturnya cenderung lebih kasar dan dapat menyebabkan kulit gatal. Tapi, hal ini bisa disiasati dengan menggunakan pelapis bagian dalam bernama furing
  4. Bahan kain brokat tidak mudah kusut dan tidak membutuhkan perawatan secara khusus

 

  • Fungsi Kain Brokat

 

Dalam dunia fashion, kain brokat memiliki banyak kegunaan. Salah satu fungsi kain brokat yang paling populer adalah sebagai material pembuat gaun pesta. Untuk mempercantik gaun pesta, Anda bisa menambahkan bordir, mutiara, detail payet, dan ikat pinggang.

 

Selain itu, kain brokat juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuat kebaya. Jika kebaya menggunakan kain brokat, maka lekukan tubuh Anda akan terlihat sempurna, elegan, dan mewah.

 

Item fashion lain yang bisa dibuat dari kain brokat adalah baju bodo. Baju adat khas Bugis, Sulawesi Selatan ini biasanya dipakai untuk acara formal, seperti pernikahan maupun upacara keagamaan.

 

Untuk sehari-hari, kain brokat juga bisa dimanfaatkan sebagai material pembuat gamis dan tunik wanita. Modelnya bisa Anda pilih sesuai selera, mulai dari yang sederhana hingga yang rumit sama-sama memiliki daya tarik dan mampu membuat siapa saja yang melihatnya tak berkedip.

 

  • Harga Kain Brokat

 

Pertanyaan mengenai harga kain brokat sudah banyak dilontarkan karena mengingat desainnya yang mewah dan elegan. Dari penampilannya, kain brokat memang terlihat sangat berkelas dan mahal. Tapi, ternyata kain brokat dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

 

Di pasaran, kain brokat bisa Anda dapatkan mulai harga Rp17.000 hingga Rp35.000 saja. Namun, harga ini dapat berbeda tergantung jenis brokat, kualitas, dan kebijakan masing-masing penjual.

 

Kain Lurik

 

Bahan kain lurik memang sudah sering bergema di dunia fashion. Jenis kain yang satu ini merupakan hasil kebudayaan Jawa yang masih diwariskan turun temurun. Kain lurik dapat didefinisikan sebagai kain yang memiliki motif garis-garis lajur. Berikut informasi lebih lanjut mengenai kain lurik:

 

  • Fungsi Kain Lurik

 

Setiap jenis kain tentu saja memiliki fungsi tersendiri. Fungsi kain lurik adalah untuk membuat berbagai pakaian penting. Kain lurik mampu menjadi simbol status dan umum digunakan pada berbagai ritual keagamaan.

 

Fungsi kain lurik juga dapat dibedakan berdasarkan motifnya. Kain lurik yang didesain untuk bangsawan akan memiliki karakteristik dan manfaat yang berbeda dengan kain lurik untuk upacara adat.

 

  • Motif Kain Lurik

 

Kain lurik sendiri memiliki beragam motif yang bisa Anda pilih. Beberapa motif kain lurik dan maknanya dapat dijabarkan sebagai berikut:

 

  1. Motif liwatan, memiliki makna agar bayi yang dikandung bisa lahir dengan selamat. Kain lurik ini sering digunakan pada acara mitoni atau tujuh bulanan
  2. Motif lasem, memiliki makna kebahagiaan dan perajutan kasih sayang. Seperti motif liwatan, motif ini juga digunakan dalam acara tujuh bulanan
  3. Motif telu-pat, memiliki makna seorang raja harus menjalin hubungan dekat dengan rakyatnya. Biasanya, motif ini digunakan para bangsawan
  4. Motif kembang gedhang, memiliki makna usaha untuk meraih keinginan atau cita-cita. Anda bisa memakai motif ini di upacara keagamaan atau kegiatan doa bersama

 

  • Harga Kain Lurik

 

Setelah mengetahui fungsi dan karakteristik kain lurik, Anda pasti penasaran, berapa harga kain lurik di pasaran? Seperti jenis kain lainnya, kain lurik juga umumnya dijual dalam satuan meter. Meskipun memiliki motif yang menarik dan tekstur bahan yang nyaman, Anda tetap bisa mendapatkan kain lurik dengan harga terjangkau.

 

Selain itu, perkembangan teknologi juga sangat mendukung inovasi dan perubahan harga kain lurik. Jika dulu kain lurik dibuat secara manual, kini banyak penjual yang membuatnya menggunakan mesin. 

 

Untuk kain lurik 1 meter dengan lebar 70 cm, harganya akan berkisar di angka Rp35.000. Sementara itu, kain lurik 1 meter dengan lebar 110 cm dibanderol dengan harga Rp50.000. Perlu diingat, motif, kualitas, dan ukuran akan sangat menentukan harga kain lurik.

 

Kain Bali

 

Salah satu jenis kain yang paling populer di dunia fashion adalah kain Bali. Seperti namanya, bahan kain Bali berasal dari Pulau Dewata dan memiliki filosofi tersendiri. Layaknya jenis kain lainnya, kain Bali juga memiliki fungsi tersendiri.

 

Fungsi kain Bali adalah untuk membuat berbagai pakaian, baik itu formal maupun non formal. Beberapa kain Bali juga digunakan untuk membuat taplak meja atau dekorasi rumah lainnya. Intinya, masing-masing jenis kain Bali memiliki fungsi tersendiri.

 

Beberapa jenis kain Bali yang terkenal adalah sebagai berikut:

 

  • Kain Poleng

 

Pertama, ada jenis kain poleng. Kain yang satu ini memiliki motif kotak-kotak dengan warna monokrom. Biasanya, kain ini ditemukan dapat upacara adat maupun perabotan rumah, seperti taplak meja.

 

  • Kain Songket

 

Dibandingkan jenis kain lainnya, harga kain songket memang relatif lebih mahal. Umumnya, kain ini dipakai dalam upacara adat, acara potong gigi, dan upacara pernikahan. Siapapun yang memakai kain songket pasti akan terlihat anggun dan menawan.

 

  • Kain Endek

 

Popularitas kain endek sudah tidak dapat diragukan lagi. Kain yang satu ini memang memiliki beragam motif dan dibanderol dengan harga terjangkau. Biasanya, kain endek digunakan sebagai material dasar pembuat kemeja, seragam sekolah, dan pakaian formal lainnya.

 

  • Kain Kling

 

Selanjutnya, ada motif kain kling. Kain Bali yang satu ini sangat terkenal akan warnanya yang cerah. Selain itu, kain kling juga tergolong dalam kain sakral karena biasa digunakan untuk upacara adat.

 

  • Kain Gedongan

 

Terakhir, ada jenis kain gedongan. Jenis kain bali yang satu ini masih menggunakan cara tradisional dalam pembuatannya. Setiap helai benang akan dirapatkan menggunakan kayu sisir, sehingga hasilnya sangat padat dan berkualitas.

 

Kain gedongan memiliki motif yang cantik dengan ragam pilihan warna. Anda bisa menemukan kain ini dengan mudah di berbagai pasar fashion maupun e-commerce.

 

Setelah mengetahui berbagai jenis kain Bali, apakah Anda tertarik untuk membelinya? Jika iya, Anda perlu mengetahui kisaran harga kain Bali terlebih dahulu. Masing-masing jenis kain Bali memiliki nilai jual yang berbeda.

 

Sebagai parameter, kain Endek satu meter dibanderol mulai dari harga Rp65.000,- sampai Rp120.000,-. Sementara itu, kain poleng dijual di pasaran seharga Rp30.000,- saja. 

 

Kain Toyobo

 

Mungkin masih banyak dari Anda yang masih bertanya-tanya bahan Toyobo seperti apa? Kain Toyobo merupakan salah satu jenis kain katun yang berasal dari Jepang. Kain ini memiliki karakteristik yang sangat unik dan berbeda dari kain kebanyakan. 

 

Sebenarnya bahan katun apakah bagus? Bahan katun sudah terkenal dengan karakteristiknya yang sangat unik dan sudah didapatkan di bahan kain lainnya.

 

Bahan katun tipis, tidak nerawang, adem, dan juga nyaman digunakan. Hal ini lah yang menjadi alasan mengapa Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan bahan katun, terlebih lagi katun Toyobo.

 

  • Kelebihan Kain Toyobo

 

Katun Toyobo memiliki serat dengan kerapatan yang cukup tinggi sehingga membuat kain ini tidak menerawang dan cocok untuk digunakan sebagai bahan dasar utama untuk pakaian. Selain itu, katun Toyobo juga adem dan halus sehingga akan sangat nyaman untuk digunakan.

 

Karena karakteristiknya yang khas inilah, kain katun Toyobo banyak dicari oleh banyak orang. Kain jenis ini dapat Anda gunakan untuk bahan dasar pakaian pria maupun wanita. Selain itu, karakteristik kainnya yang sederhana membuatnya cocok untuk digunakan untuk berbagai model pakaian.

 

Mulai dari gamis, blouse, kemeja, kaos, rok, dan bahkan hingga pashmina. Dijamin, baju yang dibuat dari bahan Toyobo pasti akan nyaman dan sangat adem untuk digunakan.

 

  • Harga Kain Toyobo

 

Berapa harga kain Toyobo per meter? Sesuai dengan kualitasnya yang tinggi, kain katun jenis Toyobo dibanderol dengan harga yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan harga kain katun jenis lain. Kain katun Toyobo biasanya dijual dengan harga sekitar 45 ribu rupiah di pasaran.

 

Hal ini bisa menjadi salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan jika ingin menggunakan kain Toyobo untuk produksi baju secara massal. Namun tentunya harga yang dipatok datang dengan kualitas yang sesuai dengan harganya.

 

  • Lebar Kain Toyobo

 

Anda juga mungkin bertanya-tanya berapa lebar kain Toyobo? Kain Toyobo biasanya dijual dengan ukuran lebar 1.50 meter. Ukuran ini terhitung ukuran standar, sama seperti kebanyakan ukuran lebar kain yang dijual di pasaran.

 

Kain Taslan

 

Mungkin nama kain Taslan masih terdengar asing bagi sebagian besar orang. Banyak orang yang masih belum mengetahui sebenarnya bahan taslan itu seperti apa? Bahan Taslan merupakan sebuah kain yang biasanya menjadi bahan dasar untuk jaket dan juga jas hujan.

 

Kain Taslan seringkali ditambahkan coating tambahan di permukaannya untuk mendapatkan hasil kain yang tahan air. Biasanya kain Taslan yang sudah dicoating ini akan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jas hujan yang trendy.

 

Bahan kain ini terbuat dari serat polyester sehingga cukup tebal dan juga tahan air. Karena karakteristik ini lah kain Taslan dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat jaket. 

 

  • Kelebihan Kain Taslan

 

Uniknya, meskipun terbuat dari serat polyester, tetapi kain Taslan dapat membuat keringat lebih cepat untuk menguap. Anda mungkin juga bertanya apakah kain Taslan bisa disetrika? Bahan taslan merupakan bahan yang tebal dan kuat sehingga bisa disetrika, namun jangan gunakan suhu yang terlalu tinggi. 

 

Jika dilihat-lihat dari karakteristiknya, Anda mungkin akan menyadari bahwa kain Taslan memiliki karakteristik yang cukup mirip dengan kain parasut yang juga digunakan sebagai bahan dasar pembuat jaket. Keduanya sama-sama tebal, tahan air, dan juga terbuat dari polyester.

 

  • Perbedaan Kain Taslan dan Parasut

 

Lalu apa beda kain Taslan dengan parasut? Di dalam industri pembuatan jaket, kain Taslan sudah terkenal memiliki sifat kain yang lebih eksklusif jika dibandingkan dengan kain parasut. Kain taslan ini lebih tebal, lembut, kuat, namun tetap ringan.

 

Kain parasut memiliki ketebalan yang cukup tipis. Selain itu, dari segi perawatan, kain Taslan memerlukan perawatan yang lebih ekstra dan juga hati-hati. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga kualitas dari kain Taslan agar tetap baik dan tampilannya sempurna.

 

Kain Taslan juga memiliki daya serap yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan kain parasut. Kain taslan dapat menyerap cairan seperti keringat, sedangkan kain parasut tidak menyerap keringat sama sekali. 

 

Kain Fleece

 

Kain fleece merupakan salah satu jenis kain yang paling banyak digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian, terutama untuk sweater, jaket, atau cardigan. Namun sebenarnya bahan fleece itu seperti apa?

 

  • Karakteristik Kain Fleece

 

Bahan fleece merupakan sebuah jenis bahan imitasi dari wol. Karena berupa imitasi dari wol, kain ini memiliki karakteristik yang mirip dengan kain yang terbuat dari bahan wol. Bahan fleece memiliki sifat yang lembut, hangat, dan memiliki sedikit bulu halus pada permukaannya, sama seperti wol.

 

Bahan fleece ini bisa terbuat dari berbagai bahan. Mulai dari bambu, polyester, microfiber, polar, dan masih banyak lainnya. Setiap jenis bahannya tentunya memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lainnya.

 

Karena mirip dengan wol, Anda mungkin bertanya apakah bahan fleece itu panas? Panas atau tidaknya kain fleece ditentukan dari ketebalan dan juga material pembuatnya. Namun secara general, kain fleece tentunya akan lebih adem saat digunakan jika dibandingkan dengan kain wol.

 

Lantas apakah bahan katun fleece itu tebal? Katun fleece memiliki karakteristik yang cukup tebal, sehingga menjadikan bahan ini seringkali dipakai untuk bahan selimut dan juga jaket. 

 

Namun, Anda tetap tidak disarankan untuk menggunakan jaket atau pakaian berbahan fleece di tempat dengan cuaca yang benar-benar dingin. Meskipun bahannya cukup tebal dan hangat, namun sweater fleece tetap tidak cukup untuk menghangatkan tubuh Anda di cuaca dingin yang ekstrim.

 

  • Sweater Berbahan Fleece

 

Anda akan menemukan banyak sekali sweater yang berbahan fleece di pasaran. Lalu sweater bahan fleece apakah bagus? Sweater yang berbahan fleece ini cocok untuk Anda gunakan di tempat yang memiliki cuaca sejuk. Bahannya yang cukup tebal dan lembut sangat nyaman untuk digunakan.

 

Selain itu, kain fleece ini juga memiliki celah-celah yang memungkinkan terjadinya sirkulasi udara. Sehingga Anda tidak perlu takut untuk merasa kepanasan saat menggunakan sweater yang terbuat dari bahan fleece.

 

  • Harga Kain Fleece

 

Dengan semua kelebihan ini, siapa sangka jika kain fleece dijual dengan harga yang relatif murah di pasaran. Jika dibandingkan dengan kain bahan pembuat jaket atau pakaian lainnya, kain fleece dapat Anda beli dengan harga yang terjangkau.

 

Kain Ceruti

 

Kain ceruti merupakan salah satu jenis kain yang sering kali digunakan untuk bahan utama pashmina. Tak hanya pashmina saja, kain ceruti juga dapat Anda temukan di berbagai pakaian yang sedang trend di zaman sekarang. Namun sebenarnya bahan kain ceruti itu seperti apa?

 

  • Karakteristik Kain Ceruti

 

Kain jenis ini memiliki berasal dari campuran bahan polyester, crepe, dan juga sifon. Campuran serat-serat ini menghasilkan karakteristik yang sangat unk, membedakan kain ceruti dengan jenis kain lainnya.

 

Salah satu ciri khas utama dari kain ini adalah permukaannya yang memiliki tekstur yang sangat khas. Jika dicermati dengan baik, Anda akan dapat melihat tekstur berupa bintik-bintik pada permukaannya. Namun saat diraba, permukaan akan tetap terasa halus. 

 

  • Kelebihan Kain Ceruti

 

Banyak dari Anda yang mungkin masih ragu apakah kain ceruti bagus? Kain ceruti ini sudah terbukti banyak digunakan dalam industri pakaian, terutama pakaian wanita. Sifatnya yang ‚Äújatuh‚ÄĚ dan fleksibel akan membuat tampilan pakaian menjadi lebih keren dan menarik.

 

Sifat ini juga yang menjadi salah satu alasan utama penggunaan kain ceruti sebagai bahan pashmina. Kain ini mudah dibentuk sehingga memudahkan para wanita berhijab untuk membentuk kain menjadi menarik.

 

Dengan semua kelebihan ini, Anda pastinya akan semakin tertarik untuk menggunakan kain ceruti sebagai bahan dasar pakaian Anda. 

 

  • Harga Kain Ceruti

 

Lantas, kain ceruti per meter berapa? Jangan khawatir, kain ceruti dijual dengan harga yang cukup terjangkau. 

 

Untuk semeternya, biasanya akan ditawarkan dengan harga sekitar 20 ribu rupiah di pasaran. Harga ini tentunya termasuk harga yang terjangkau jika mengingat kualitas dari kain ini.

 

  • Ceruti Babydoll

 

Kain ceruti memiliki banyak jenis, salah satunya adalah ceruti babydoll. Ceruti jenis ini adalah jenis yang paling terkenal. Namun sebenarnya kain ceruti babydoll seperti apa?

 

Ceruti babydoll merupakan jenis ceruti yang sering digunakan untuk bahan pashmina. Kain ini memiliki tekstur yang lembut, tipis, namun tidak menerawang. Selain itu, ceruti babydoll juga tidak mudah kusut, menjadikannya sebagai salah satu kelebihan utama dari kain ini.

 

Kain Hyget

 

Kain Hyget merupakan salah satu bahan kain yang paling direkomendasikan untuk pembuatan baju, celana kulot, dan juga jilbab. Bahannya mudah didapatkan dan juga memiliki karakteristik yang sangat unik.

 

  • Karakteristik Kain Hyget

 

Sebenarnya bahan Hyget itu bagaimana? Bahan Hyget merupakan salah satu bahan kaos dengan karakteristik yang fleksibel, sehingga dapat melar dan nyaman untuk digunakan. Kain itu dapat menyesuaikan dengan bentuk tubuh dari penggunanya dengan baik.

 

Kain Hyget adalah sebuah kain yang terbuat dari bahan polyester dan juga cotton. Kain ini memiliki tekstur yang lembut. Selain itu, permukaan kain hyget juga sedikit mengkilap.

 

Jenis kain ini hadir dengan berbagai variasi ketebalan dan juga kualitas yang berbeda. Anda dapat menentukan sendiri jenis kain Hyget apa yang ingin Anda gunakan untuk kebutuhan Anda. Ketebalan ini nantinya akan sangat menentukan tampilan dan kenyamanan saat kain digunakan.

 

Bahan Hyget apakah bagus? Kain Hyget memiliki tampilan yang cantik dan menarik, sehingga akan membuat pakaian yang berbahan dasar ini memiliki tampilan yang juga menawan. Namun, bahan Hyget ini dikenal kurang dapat menyerap keringat.

 

Ada beberapa jenis Hyget yang memiliki daya serap yang kurang baik jika dibandingkan dengan jenis kain lainnya. Hal ini berpotensi untuk membuat penggunanya mudah merasa gerah dan juga kepanasan.

 

Namun ada juga beberapa jenis Hyget berkualitas premium yang memiliki daya serap yang cukup tinggi. Anda bisa memilih Hyget berjenis super atau premium untuk membuat pakaian lebih nyaman saat digunakan.

 

  • Harga Kain Hyget

 

Sekarang Anda mungkin bertanya-tanya, berapa harga kain Hyget? Kain Hyget adalah salah satu jenis kain yang paling terkenal karena harganya yang sangat terjangkau. 

 

Jika dibandingkan dengan kain katun atau kain untuk pembuatan pakaian lainnya, harga kain hyget jauh di bawahnya.

 

Kain ini bisa dibanderol dengan harga 18 ribu hingga 50 ribu per meternya tergantung dari jenisnya. Semakin mahal harganya, tentunya kualitasnya akan semakin baik.

 

Sekian pembahasan mengenai beberapa jenis kain dan juga penggunaannya di dunia konveksi. Semua jenis kain tentunya memiliki karakteristiknya sendiri jika dibandingkan dengan kain lainnya. Anda bisa memilih kain yang paling cocok dengan kebutuhan konveksi Anda.